Bagaimana Serangga Penghisap Getah Mengeluarkan Limbah Cair Mereka?

TrubusLife
Syahroni
02 Des 2019   21:00 WIB

Komentar
Bagaimana Serangga Penghisap Getah Mengeluarkan Limbah Cair Mereka?

Sniper bersayap kaca menghisap getah tanaman dan mengeluarkan limbah cair. Mereka mengirim kencing mereka dengan kencang menggunakan struktur seperti ketapel, para ilmuwan menemukan. (SIAMESEPUPPY/FLICKR)

Trubus.id -- Beberapa serangga penghisap getah dapat “membuat hujan,” dengan melemparkan tetesan kencing mereka sambil memakan jus tanaman. Sekarang para ilmuwan telah menjelaskan bagaimana serangga, yang dikenal sebagai sniper atau penembak jitu ini membuat semprotan ini menggunakan struktur seperti ketapel kecil yang mendorong limbah cair mereka pada percepatan ekstrem.

Sebatang pohon penuh dengan serangga penembak jitu memancarkan ketipak pipi. "Gila hanya melihat," kata insinyur Saad Bhamla dari Georgia Tech di Atlanta seperti dilansir dari Science News. Proses menarik itu - yang dapat meredam pejalan kaki yang tidak curiga - membuat Bhamla dan rekannya terpikat mempelajari bagaimana serangga melepaskan limbah cair mereka.

Para peneliti mengambil video berkecepatan tinggi dari dua spesies - sniper bersayap kaca dan sniper biru-hijau - memberi makan dan kemudian melemparkan kencing mereka. Video-video itu menunjukkan bahwa duri kecil yang disebut stylus di bagian belakang serangga bertindak seperti pegas. Begitu tetesan terkumpul pada struktur ini, "pegas" terlepas, dan tetesan itu terbang seolah dilontarkan dari ketapel.

Terlebih lagi, rambut-rambut kecil di ujung stylus meningkatkan kekuatannya, Bhamla dan rekannya menyarankan, sama seperti umban di ujung jenis ketapel tertentu. Hasilnya, stylus meluncurkan limbah cair dengan akselerasi maksimum 20 kali dari gravitasi Bumi, para ilmuwan melaporkan dalam sebuah video yang diterbitkan secara online di Galeri Fluid Motion milik American Physical Society, sebagai bagian dari pertemuan tahunan Divisi APS Fluid Dynamics yang diadakan 18-20 November di Atlanta.

Tidak jelas mengapa serangga membuang kencing mereka. Mungkin latihan itu memungkinkan makhluk-makhluk untuk menghindari dimandikan dalam cairan yang dapat menarik perhatian para pemangsa, kata Bhamla.

Sniper dapat melakukan kerusakan serius. Hama ini menghirup berat badan ratusan kali lipat setiap hari dan dapat menularkan bakteri penyebab penyakit pada tanaman. Sniper bersayap kaca, misalnya, telah menyebar di luar Amerika Serikat bagian tenggara asli mereka, memuakkan tanaman di kebun-kebun anggur California dan mendatangkan malapetaka di Tahiti dengan meracuni laba-laba yang memakan serangga.


Video berkecepatan tinggi mengungkapkan bahwa penembak jitu ini menggerakkan kencing mereka menggunakan pelengkap mirip ketapel yang disebut stylus.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: