Waspada, Tanaman yang 'Bersin' Dapat Menyebarkan Patogen ke Tetangga Mereka

TrubusLife
Syahroni
02 Des 2019   23:00 WIB

Komentar
Waspada, Tanaman yang 'Bersin' Dapat Menyebarkan Patogen ke Tetangga Mereka

Penyakit dapat menyebar ketika tanaman gandum yang sakit mengirim embun terbang, suatu efek yang terkait dengan pelepasan ketegangan permukaan tetes yang bergabung. (ANDREWBURGESS/ISTOCK/GETTY IMAGES PLUS)

Trubus.id -- Tak hanya manusia yang kerap menyekbarkan patogen melalui bersin, beberapa tanaman yang sakit juga dapat "bersin". Aktivitas bersin pada tanaman biasanya terjadi saat tanaman menembak keluar tetesan air kecil yang sarat dengan patogen, para ilmuwan melaporkan dalam Journal of the Royal Society Interface.

Pada percobaan yang dilakukan para peneliti meunjukkan, pada tanaman gandum yang terinfeksi jamur Puccinia triticina, tetesan embun yang menyatu terbang menjauh dari daun tempat mereka berada dan membawa spora jamur bersamanya. Patogen, yang menyebabkan penyakit yang merusak yang dikenal sebagai karat daun, mungkin kemudian dapat menginfeksi tanaman gandum lainnya.

Efek melemparkan, yang dapat terjadi pada tanaman sehat juga, adalah hasil dari kekhasan dinamika fluida: Ketika dua tetes air bersatu, tegangan permukaan dilepaskan dan diubah menjadi energi kinetik yang dapat membuang cairan.

Ini adalah "ketapel tegangan permukaan," kata insinyur mekanik Jonathan Boreyko dari Virginia Tech di Blacksburg. Efeknya hanya terjadi pada permukaan yang sangat anti air, atau superhidrofobik, seperti daun tanaman tertentu, termasuk gandum.

Tetes itu dapat melonjak beberapa milimeter - cukup tinggi untuk keluar dari lapisan udara diam yang mengelilingi setiap daun, sehingga angin sepoi-sepoi dapat membawa air dan spora ke tanaman lain, Boreyko dan rekannya melaporkan. Efek ketapel diketahui terjadi pada permukaan superhidrofobik lainnya, tetapi ini adalah pertama kalinya disarankan untuk membantu menularkan penyakit.

Memahami bagaimana karat daun menyebar bisa menjadi penting untuk mengendalikannya. Jika "bersin" ternyata menjadi sumber penularan yang penting, tanaman dapat disemprot dengan lapisan untuk membuatnya tidak lagi superhydrophobic, misalnya, kata Boreyko.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: