Ini Sebabnya Kita Tak Boleh Berhenti Berolahraga Bahkan Setelah Usia 60 Tahun

TrubusLife
Hernawan Nugroho
01 Des 2019   20:00 WIB

Komentar
Ini Sebabnya Kita Tak Boleh Berhenti Berolahraga Bahkan Setelah Usia 60 Tahun

Aktif setidaknya tiga kali per minggu secara signifikan mengurangi risiko masalah kardiovaskular (gettyimages)

Trubus.id -- Menjadi tua tak lantas memberimu izin untuk berhenti berolahraga, menurut sebuah studi baru. Sebaliknya para peneliti menemukan bahwa meningkatkan aktivitas fisik, bahkan di tahun-tahun emas, dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Peneliti menemukan tingkat aktivitas yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat ini sama dengan sekitar 1 jam berlari per minggu.

"Ini sejalan dengan penelitian intervensi perawatan lain yang menunjukkan jelas tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan," setuju Dr. Michael Miyamoto, ahli jantung dengan Mission Hospital di Southern California. "Ini juga sejalan dengan penelitian olahraga lain yang secara khusus menunjukkan bahwa bahkan mereka yang berolahraga di kemudian hari akan melihat manfaat klinis."

Para peneliti mengamati lebih dari 1 juta pria dan wanita berusia 60 tahun ke atas yang diberikan dua pemeriksaan kesehatan berturut-turut oleh Layanan Asuransi Kesehatan Nasional Korea dari 2009 hingga 2010, dan 2011 hingga 2012.

Selama proses penelitian masing-masing, mereka ditanyai tentang gaya hidup dan tingkat aktivitas fisik mereka. Para peneliti menghitung jumlah yang dilakukan oleh peserta olahraga yang moderat dan kuat setiap minggu dan setiap perubahan antara pemeriksaan kesehatan.

Baca Lainnya : Berolahraga Gila-gilaan Tetapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Jawab Beberapa Pertanyaan ini!

Sedikit lebih dari 20 persen manula tidak aktif pada pemeriksaan pertama telah meningkatkan aktivitas fisik mereka, menurut penelitian. Orang-orang ini mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 11 persen.

"Kami tidak terkejut dengan temuan kami karena kami mengharapkan manfaat kesehatan kardiovaskular dari olahraga di kalangan orang dewasa yang lebih tua," kata ketua penulis studi Kyuwoong Kim, seorang mahasiswa PhD di departemen Ilmu Biomedis di Universitas Pascasarjana Universitas Seoul, kepada Healthline.

Ketidakaktifan meningkatkan risiko penyakit

Bahkan mereka yang cacat atau hidup dengan kondisi kronis yang beralih dari tidak aktif menjadi sedang atau aktif setidaknya tiga kali per minggu secara signifikan mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

“Aktivitas adalah kuncinya. Idealnya, siapa pun pada usia berapa pun harus secara rutin merangsang jantung dan paru-paru sehingga detak jantung meningkat dan laju pernapasan meningkat, ”kata Dr. Thomas F. Boyden, MS, direktur program kardiologi preventif di SHMG Cardiovascular Medicine di Grand Rapids, Michigan . "Stimulasi sistem kardiovaskular dan pernapasan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, dan mengurangi risiko kanker dan semua penyebab kematian."

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: