Ini 6 Alasan Kamu Harus Makan Sayuran Silangan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
30 Nov 2019   18:00 WIB

Komentar
Ini 6 Alasan Kamu Harus Makan Sayuran Silangan

Makan sayur setiap hari untuk mencegag berbagai penyakit (istimewa)

Trubus.id -- Sayuran silangan (cruciferous vegetables) merupakan sayuran dari keluarga Brassicaceae dengan banyak genera, spesies, dan kultivar yang dibesarkan untuk produksi makanan. Sayuran silangan atau krusifer memang mungkin tidak termasuk dalam daftar sayuran yang populer, terutama karena banyak dari mereka cenderung bau! Sayuran silangan seperti brokoli, Brussel sprout, kembang kol, kale, pok choy, lobak, kubis, dan bahkan arugula mengandung fitokimia bernama Sulforaphane yang telah terbukti memiliki sifat antikarsinogenik di antara banyak manfaat lainnya. Berikut adalah semua alasan mengapa kita perlu menambahkan sayuran silangan ke dalam makanan sehari-hari.

Antikarsinogenik

Sulforaphane memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi dan telah terbukti efektif melawan berbagai kanker seperti kanker perut, kandung kemih, payudara, prostat, paru-paru, usus besar dan kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu merangsang enzim-enzim yang memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi karsinogen sebelum mereka menyerang sel.

Baca Lainnya : Meski Lentik Bak Jari Wanita, Okra Ternyata Sayur dengan Sejuta Manfaat Sehat Loh

Antidepresi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015, sulforaphane terbukti memiliki sifat antidepresan dan mengurangi kecemasan. Ini bisa jadi karena sifatnya yang dapat mengurangi peradangan telah terhubung dengan depresi. Bahkan, makan banyak sayuran seperti brokoli sebenarnya bisa mencegah kita terkena depresi.

Mengurangi rasa sakit

Menurut sebuah penelitian tahun 2000, kombinasi dari senyawa askorbigen Vitamin C dan bubuk brokoli sebenarnya dapat mengurangi sensitivitas terhadap rasa sakit pada pasien fibromyalgia wanita. Studi lain 2016 menemukan bukti bahwa sulforaphane memiliki sifat penghambat rasa sakit yang signifikan.

Bermanfaat untuk jantung

Makan banyak sayuran silangan dapat membantu melindungi jantung, karena sulforaphane membantu mencegah peradangan pada dinding arteri. Senyawa ini telah terbukti menurunkan tekanan darah dan peradangan jaringan. Ini juga dapat melindungi terhadap stres oksidatif dan kematian sel.

Kekuatan antioksidan

Sayuran silangan juga termasuk pembangkit tenaga antioksidan. Studi terhadap perokok telah menunjukkan bahwa diet kaya akan sayuran sulforaphane mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh dan stres oksidatif, yang keduanya menyebabkan sejumlah penyakit.

Baca Lainnya : Adakah Perbedaan Memotong dan Merobek Sayuran Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

Membantu mengelola diabetes

Menambahkan sejumlah besar sayuran krusifer ke dalam makanan dapat mengurangi resistensi insulin pada pasien diabetes tipe 2. Penelitian juga menunjukkan bahwa sulforaphane mencegah nefropati, fibrosis terkait diabetes, dan komplikasi vaskular.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: