Jangan Dibuang Dulu, Kulit Buah-buahan Ini Bisa Bikin Kulitmu Lebih Cantik

TrubusLife
Thomas Aquinus
27 Nov 2019   07:00 WIB

Komentar
Jangan Dibuang Dulu, Kulit Buah-buahan Ini Bisa Bikin Kulitmu Lebih Cantik

Kulit pisang. (Southeast Agnet)

Trubus.id -- Memanfaatkan daging buah dan sayur untuk dikonsumsi maupun sebagai bahan perawatan kulit itu sudah biasa. Namun tahukah kamu bahwa kulit dari buah dan sayur juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan? Nah, mulai sekarang, jangan langsung buang kulit buah dan sayurmu, karena mereka juga punya khasiat tersembunyi untuk kecantikan kulit. Yuk, simak daftarnya.

Kulit Alpukat sebagai Pelembap Alami 

Kandungan asam lemak sehat pada kulit alpukat ternyata bisa dimanfaatkan untuk melembapkan wajah dan rambut secara alami, loh. Kandungan antioksidan serta asam aminonya juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Sebelum tidur, pastikan wajahmu sudah dibersihkan terlebih dahulu, lalu gosokkan bagian dalam kulit alpukat yang masih berdaging sedikit pada seluruh wajah. Kemudian, biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.  

Kulit Jeruk sebagai Scrub Tubuh 

Kulit jeruk (Foto: NDTV Food) 

Tak hanya dagingnya, kulit buah jeruk juga kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kulit. Dikutip dari Glitzmedia, vitamin C bekerja mencerahkan kulit dengan cara menghambat enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen. Selain itu, kandungan ini juga bekerja sebagai antioksidan yang menghalangi kerusakan akibat radikal bebas. Sementara itu, vitamin A bertindak mengurangi keriput serta kulit kasar. Cara menggunakannya, parut kulit jeruk dengan sedikit tambahan madu atau minyak kelapa, lalu aplikasikan sebagai scrub secara rutin.  

Eksfoliator dari Kulit Pisang 

Kulit pisang memiliki sifat antijamur sehingga membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit. Permukaan bagian dalam kulitnya yang kasar bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator, pengangkat sel-sel kulit mati. Gosokkan bagian dalam kulit pisang yang telah ditaburkan sedikit gula pada kulit wajah secara perlahan. Kamu bisa melakukannya setiap hari untuk mengatasi masalah jerawat, loh. Aman! 

Kulit Buah Naga untuk Atasi Jerawat 

Kulit buah naga (Foto: Red Velvet Conf)

Buah naga tak hanya unik bentuk kulit dan dagingnya. Manfaat kulit buah naga untuk kecantikan wajah juga tak kalah menarik, loh. Kandungan vitamin E dan C di dalamnya bisa mengatur produksi minyak yang berpotensi menimbulkan jerawat. Plus, kulit buah naga yang kaya antioksidan disebut mampu mencegah radikal bebas dan menjaga kebersihan kulit. Setelah mencuci kulit buah naga dengan air, gunakan sebagai masker wajah dengan cara menempelkannya. Diamkan selama 10 menit dan bilas wajah dengan air. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan ini setiap 2 hari sekali. 

Kulit Kentang untuk Hilangkan Kantung Mata 

Kentang juga berperan sebagai antipenuaan, terutama dalam menangkal kerutan. Kandungan vitamin C pada kulit kentang dapat bekerja mengatasi bintik hitam pada kulit dan lingkaran hitam di sekitar mata. Trubus Mania bisa menggunakan kulit kentang sebagai masker mata selama 10 menit. Untuk menghindari iritasi, cuci bersih kembali kulit kentang agar tetap steril sebelum menempelkannya pada kulit. Bye, mata panda! [Ayu/NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: