Polusi Suara Dapat Mengancam Kelangsungan Hidup Banyak Spesies di Seluruh Dunia

Hernawan Nugroho
26 Nov 2019   20:00 WIB

Polusi Suara Dapat Mengancam Kelangsungan Hidup Banyak Spesies di Seluruh Dunia

Kebisingan antropogenik dapat memengaruhi spesies akuatik dan darat dan harus dianggap sebagai bentuk serius dari perubahan lingkungan dan polusi (shutterstock)

Trubus.id -- Polusi suara yang disebabkan oleh manusia dapat mengancam kelangsungan hidup lebih dari 100 spesies berbeda di seluruh dunia, penelitian baru menunjukkan hal mengejutkan itu. Para peneliti di Queens University Belfast menemukan bahwa berbagai jenis polusi suara, dari lalu lintas jalan raya ke sonar bawah air, mengubah lingkungan akustik dan mempengaruhi perilaku amfibi, burung, ikan, mamalia, dan reptil. Secara global, polusi suara antropogenik adalah norma, tidak terkecuali, tulis penulis studi dalam Biology Letters.

Polusi suara ada di mana-mana dan telah terbukti berdampak pada manusia dan hewan. Badan Lingkungan Eropa menganggap polusi suara sebagai "masalah kesehatan lingkungan utama" yang mengancam "kesejahteraan populasi manusia" dan "memburuknya kesehatan dan distribusi satwa liar di darat dan di laut."

Baca Lainnya : Polusi Suara Ancam Kesehatan Manusia di Masa Depan

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa kebisingan dapat mengubah perilaku hewan dan menghilangkan suara alami ekosistem laut. Lumba-lumba telah terbukti berhenti makan dan melarikan diri dari suara kapal, dan polusi suara darat membuat beberapa burung begitu tertekan sehingga mereka mungkin mengalami gejala seperti PTSD. Di lingkungan dataran tinggi di Cina, kebisingan yang tidak wajar dapat menghambat panda raksasa menemukan pasangan yang cocok selama ovulasi acak wanita.

Kelelawar menavigasi dan mencari makanan dengan ekolokasi, yang dapat dihambat oleh kebisingan antropogenik. (Shutterstock)

Sebuah analisis multi-level, dikendalikan secara filogenetik dari hampir 500 jenis efek pada lebih dari 100 spesies dari lebih dari 100 studi individu menemukan "bukti yang jelas bahwa polusi suara mempengaruhi semua dari tujuh kelompok spesies dan bahwa kelompok yang berbeda tidak berbeda dalam hal mereka. Menanggapi kebisingan," kata penulis utama Hansjoerg Kunc dalam sebuah pernyataan. Dengan demikian, kebisingan antropogenik dapat memengaruhi spesies akuatik dan darat dan harus dianggap sebagai bentuk serius dari perubahan lingkungan dan polusi. "

Para penulis penelitian mencatat bahwa hasil mereka memberikan bukti kuantitatif yang dapat berfungsi sebagai kerangka pedoman bagi badan legislatif untuk mengembangkan peraturan untuk melindungi spesies dari peningkatan kebisingan manusia.

Baca Lainnya : Hal yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Sebabkan Polusi Lingkungan

"Studi kuantitatif berskala besar ini memberikan bukti signifikan bahwa polusi suara harus dipertimbangkan sebagai bentuk serius dari perubahan lingkungan dan polusi buatan manusia, menggambarkan bagaimana hal itu mempengaruhi begitu banyak spesies akuatik dan darat," kata Kunc. “Kebisingan harus dianggap sebagai polutan global dan kita perlu mengembangkan strategi untuk melindungi hewan dari kebisingan untuk mata pencaharian mereka.”

Para penulis menunjukkan bahwa sementara analisis menghitung apakah ada efek kebisingan pada hewan, itu tidak "menyiratkan bahwa semua perubahan yang disebabkan oleh kebisingan antropogenik harus secara biologis negatif per se." Dampaknya mungkin tergantung pada konteksnya, dan seperti itu kompleksitas "tidak dapat diurai dalam analisis skala besar."