Peneliti: Tanah di Bulan dan Mars Cukup Mendukung untuk Budidaya Tanaman

TrubusLife
Syahroni
26 Nov 2019   19:00 WIB

Komentar
Peneliti: Tanah di Bulan dan Mars Cukup Mendukung untuk Budidaya Tanaman

Ilustrasi pertanian di luar planet bumi. (Voc)

Trubus.id -- Para peneliti di Wageningen University & Research di Belanda telah menghasilkan tanaman di Mars dan Bulan tanah yang dikembangkan oleh NASA. Penelitian ini mendukung gagasan bahwa tidak hanya mungkin untuk menanam makanan di Mars dan Bulan untuk memberi makan para pemukim masa depan, tetapi juga untuk mendapatkan benih yang layak dari tanaman yang ditanam di sana.

Wieger Wamelink dan rekan-rekannya di Wageningen University & Research, membudidayakan sepuluh tanaman yang berbeda seperti: selada, selada roket, tomat, lobak, gandum hitam, quinoa, bayam, chives, daun bawang dan kacang polong. Para peneliti mensimulasikan sifat-sifat regolith Lunar dan Mars dan tanah "normal" (pot tanah dari Bumi) sebagai kontrol.

Sembilan dari sepuluh tanaman yang ditabur tumbuh dengan baik dan bagian yang dapat dimakan dipanen dari mereka. Bayam adalah pengecualian. Total produksi biomassa per baki adalah yang tertinggi untuk kontrol Bumi dan tanah Mars yang berbeda secara signifikan dari tanah bulan. Benih yang dihasilkan oleh tiga spesies (lobak, gandum hitam dan selada taman) diuji dengan sukses untuk berkecambah.

Artikel, "Pertumbuhan tanaman dan kelangsungan hidup benih di Mars dan Bulan tanah simulants/ Crop growth and viability of seeds on Mars and Moon soil simulants", oleh Wieger Wamelink dan rekannya telah diterbitkan dalam jurnal akses terbuka De Gruyter, Open Agriculture.

"Kami sangat senang ketika melihat tomat pertama yang ditanam di tanah Mars berubah menjadi merah. Itu berarti bahwa langkah selanjutnya menuju ekosistem pertanian tertutup berkelanjutan telah diambil," kata Wieger Wamelink. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Tips Penyembuhan Indera Penciuman Usai Terpapar Covid-19

Health & Beauty   21 Des 2020 - 17:12 WIB
Bagikan: