Olahraga Mengeluarkan Keringat, Bolehkah Melakukan Olahraga di Ruangan Ber-AC?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
26 Nov 2019   14:00 WIB

Komentar
Olahraga Mengeluarkan Keringat, Bolehkah Melakukan Olahraga di Ruangan Ber-AC?

Berolahraga di dalam ruangan ber-AC boleh, tetapi sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan (gettyimages)

Trubus.id -- Melakukan olahraga akan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi atau panas. Akibatnya, tubuh akan berkeringat untuk mengeluarkan suhu panas dari tubuh. Nah, biasanya kalau sudah berkeringat dan tubuh terasa panas, biasanya kita akan beristirahat dan berpindah ke tempat yang dingin.

Namun ada beberapa orang yang lebih senang melakukan olahraga di dalam ruangan. Contohnya melakukan olahraga di gym atau pusat kebugaran, yang memiliki banyak alat olahraga. Karena merupakan tempat olahraga dalam ruangan, maka ruangan olahraga ini biasanya dilengkapi pendingin ruangan atau AC.

Apakah berolahraga yang menyebabkan berkeringat dan tubuh panas boleh dilakukan di ruangan ber-AC? Ini dia penjelasannya!

Baca Lainnya : Dapatkan Manfaat Kesehatan Lebih, Dengan Berolahraga Sebelum Sarapan

Tenang saja, Trubus Mania, berolahraga di dalam ruangan ber-AC boleh saja dilakukan. Dalam sebuah penelitian yang dituliskan pada jurnal Nutrients, berolahraga di ruangan ber-AC atau ruangan yang dingin justru membuat tubuh menghasilkan lebih banyak energi.

Penyebabnya adalah karena di ruangan yang lebih dingin, tubuh akan lebih lama menghasilkan keringat. Karena tubuh lebih lama untuk menghasilkan keringat, maka durasi olahraga yang dilakukan akan lebih panjang. Hal ini disebabkan karena saat tubuh berkeringat, tubuh akan lebih mudah lelah. Nah, jika kita merasa tubuh sudah lelah, maka hal yang dilakukan adalah berhenti berolahraga.

Biasanya, orang yang berolahraga akan menganggap semakin banyak keringat, maka semakin keras olahraga yang dilakukan. Setelah merasa keringat yang dikeluarkan sudah cukup banyak, maka seseorang akan berhenti berolahraga.

Wah, ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar, Trubus Mania. Banyaknya keringat yang dihasilkan saat berolahraga tidak sama dengan tingkat atau kerasnya olahraga yang dilakukan. Inilah sebabnya, menurut peneliti, olahraga di dalam ruangan ber-AC boleh dilakukan.

Baca Lainnya : Terlalu Banyak Squat, Dua Gadis China yang Jarang Olahraga Masuk ICU

Namun berolahraga di dalam ruangan ber-AC juga tidak dianjurkan terlalu sering dilakukan. Penyebabnya adalah karena penyebaran berbagai patogen di ruangan ber-AC bisa lebih mudah terjadi. Di dalam ruangan ber-AC, gejala asma, alergi jamur, dan debu lebih mudah menyebar di ruangan ber-AC. Apalagi kalau pendingin ruangan yang ada di ruangan itu jarang dibersihkan, sehingga kotoran lebih mudah menyebar.

Ada juga penyebaran bakteri Lagionella yang bisa menyebabkan infeksi paru-paru. Inilah sebabnya berolahraga di dalam ruangan ber-AC sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: