Pertama di Dunia, Demam Berdarah Ditularkan dari Hubungan Seks Terjadi di Spanyol

TrubusLife
Thomas Aquinus
24 Nov 2019   20:00 WIB

Komentar
Pertama di Dunia, Demam Berdarah Ditularkan dari Hubungan Seks Terjadi di Spanyol

Ilustrasi nyamuk Aedes (KGOU)

Trubus.id -- Musim pancaroba terutama membuat kita harus waspada terhadap gigitan nyamuk yang dapat menyebarkan virus demam berdarah, namun dalam sebuah kasus langka, penyakit demam berdarah dapat ditularkan melalui hubungan seks. 

Otoritas kesehatan Spanyol mengonfirmasi minggu lalu bahwa ada kasus seorang pria menyebarkan demam berdarah melalui hubungan seks, pertama di dunia untuk virus yang sampai saat ini dianggap ditularkan hanya oleh nyamuk.

Kasus tersebut menyangkut seorang pria berusia 41 tahun dari Madrid yang terkena demam berdarah setelah berhubungan seks dengan pasangan prianya yang mendapat virus dari gigitan nyamuk selama perjalanan ke Kuba, kata Susana Jimenez dari departemen kesehatan masyarakat wilayah Madrid.

Baca Lainnya : Tips Menghadapi Cuaca Terik dan Panas Pancaroba

Infeksi Dengue-nya dikonfirmasi pada bulan September dan itu membingungkan para dokter karena dia belum melakukan perjalanan ke negara di mana penyakit itu, yang menyebabkan gejala-gejala flu yang parah seperti demam tinggi dan sakit tubuh, adalah umum, tambahnya.

"Rekannya menunjukkan gejala yang sama dengan dia tetapi lebih ringan sekitar sepuluh hari sebelumnya, dan dia sebelumnya telah mengunjungi Kuba dan Republik Dominika," kata Jimenez.

"Analisis sperma mereka dilakukan dan itu mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya menderita demam berdarah tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba."

Baca Lainnya : Hidung Berair atau Tersumbat di Musim Pancaroba, Atasi dengan 5 Bahan Makanan Ini

Dalam sebuah email yang dikirim ke AFP, Pusat Eropa untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (ECDC) yang berpusat di Stockholm, yang memantau kesehatan dan penyakit di Eropa, mengatakan ini adalah "sepengetahuan kami, penularan seksual pertama virus dengue di kalangan pria, yang berhubungan seks dengan laki-laki."

Menurut situs web Organisasi Kesehatan Dunia, demam berdarah ditularkan terutama oleh nyamuk Aedes Aegypti, yang tumbuh subur di iklim tropis yang padat penduduk dan berkembang biak di genangan-genangan air.

Ini paling serius - dan mematikan - pada anak-anak, terutama perempuan muda meskipun para ilmuwan tidak tahu mengapa.

Dengue paling sering ditangkap oleh orang-orang yang bepergian ke daerah beriklim panas seperti Asia Tenggara, Afrika, Australia, Karibia, dan Amerika Selatan dan Tengah. [Ayu/NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: