Study: Sepertiga Spesies Tumbuhan di Afrika Tropis Berpotensi Terancam Punah

TrubusLife
Syahroni
22 Nov 2019   23:00 WIB

Komentar
Study: Sepertiga Spesies Tumbuhan di Afrika Tropis Berpotensi Terancam Punah

Tanaman red hot poker di dataran tinggi Ethiopia, kawasan dimana tanaman berisiko punah. (Doc/ Emily Marie Wilson)

Trubus.id -- Sebuah studi baru menemukan bahwa sepertiga tanaman tropis di Afrika berpotensi terancam punah. Sementara itu, sepertiga lainnya dianggap langka, artinya mereka bisa terancam dalam waktu dekat. 

Daerah yang terkena dampak terburuk adalah Ethiopia, Afrika Barat, Tanzania tengah, dan Republik Demokratik Kongo selatan, tempat tinggal lebih dari 40 persen spesies tanaman yang terancam punah.

Perkiraan awal, yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances, menilai lebih dari 22.000 spesies di Afrika tropis menggunakan RAINBIO, database distribusi spesies tanaman vaskular Afrika tropis. 

Tanaman vaskular adalah tanaman yang memiliki sistem pembuluh darah yang mengangkut air dan makanan di sekitar berbagai strukturnya. Tumbuhan non-vaskular termasuk flora seperti lumut hati, lumut, dan ganggang.

Tim tersebut ingin membahas fakta bahwa hanya 10 persen tanaman yang telah dinilai untuk Daftar Merah Spesies Terancam Uni Internasional untuk Konservasi Alam/  International Union for Conservation of Nature’s (IUCN) Red List of Threatened Species, karena menentukan status konservasi tanaman dapat menjadi pekerjaan yang rumit dan menghabiskan waktu. 

Para peneliti menggunakan analisis komputer untuk menilai status 22.036 spesies dalam database RAINBIO, metode yang lebih cepat daripada yang biasanya digunakan oleh IUCN.

Namun, menurut Thomas Couvreur dari Institut Penelitian Nasional Perancis untuk Pembangunan Berkelanjutan, kedua pendekatan tersebut saling melengkapi.

"Masih perlu ada upaya internasional yang penting untuk mengevaluasi semua spesies tanaman di Afrika," katanya dilansir dari AFP.

Para peneliti menyimpulkan bahwa 32 persen spesies dapat terancam punah, yaitu sekitar 7.000 spesies individu.

"Dengan demikian penelitian kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa flora Afrika tropis akan sangat rentan di masa depan," tulis mereka.

Kehilangan begitu banyak spesies tanaman tropis akan menimbulkan masalah karena akan secara besar-besaran mengurangi keanekaragaman hayati, keragaman kehidupan di habitat tertentu. Tanamlah karbon dioksida dari udara, lepaskan oksigen, dan berikan perlindungan dan makanan untuk beragam kehidupan, dari serangga yang sangat kecil hingga gajah yang lapar. 

Lebih sedikit tanaman dan keanekaragaman yang lebih rendah akan memiliki efek mengetuk, merusak kesehatan ekosistem unik Afrika dan mengancam kelangsungan hidup satwa liar.

Sementara itu, spesies tanaman tertentu yang berasal dari Afrika tropis sangat penting bagi kami - 60 persen tanaman milik genus Coffea, yang beberapa di antaranya menghasilkan biji kopi berharga kami, terancam punah.

Para penulis penelitian mencatat bahwa risiko terhadap tanaman Afrika hanya akan diperburuk oleh krisis iklim. 

"Situasi ini tidak diragukan lagi akan diperbesar oleh efek perubahan iklim, yang merupakan salah satu asumsi paling penting yang memengaruhi risiko kepunahan," terang mereka, mencatat urgensi dengan mana tanaman Afrika perlu dilindungi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: