Kembalinya Spesies Bebek Hawaii Jadi Harapan Baru Konservasionis

22 Nov 2019   21:00 WIB

Kembalinya Spesies Bebek Hawaii Jadi Harapan Baru Konservasionis

Bebek Hawaii (Flickr)

Trubus.id -- Tepat ketika para ilmuwan hampir menyerah, bebek kecil itu bisa muncul. Maoli koloa (Anas wyvilliana) alias bebek Hawaii yang endemik dan terancam punah dianggap terancam punah secara genetis, karena kawin silang dengan mallard alias itik melewar (Anas platyrhynchos) liar.

Tetapi penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Ekologi Molekuler mengungkapkan bahwa upaya konservasi untuk menyelamatkan koloa di Pulau Kauai telah berhasil.

Penelitian ini adalah dua dekade dalam pembuatan, dengan penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan dari University of California, Davis; Layanan Ikan dan Margasatwa A.S.; Universitas Texas, El Paso; Universitas Negeri Wright; Universitas Negeri Oregon; dan negara bagian Divisi Kehutanan dan Margasatwa Hawaii. Tim menganalisis 425 koloa, itik melewar dan hibrida dari populasi di seluruh pulau, mengumpulkan sampel darah dan jaringan untuk menganalisis data genetik mereka.

Selanjutnya, apa yang mereka temukan ternyata mengejutkan. "Fakta bahwa koloa di Kauai murni dan memiliki banyak variasi genetik adalah dua hal yang sangat positif yang muncul dari penelitian ini," Caitlin Wells, ahli ekologi satwa liar di Departemen Ikan, Satwa Liar dan Biologi Konservasi di Colorado State University , kata dalam sebuah pernyataan.

Koloa vs mallard liar

Dulu Koloa tumbuh subur di seluruh delapan pulau, tetapi predator, hilangnya habitat, dan perburuan yang tidak diatur menyebabkan hilangnya mereka di setiap pulau, kecuali Kauai dan Niihau, pada akhir 1960-an. Konservasionis mencoba penangkaran dan melepaskan program untuk menghidupkan kembali populasi koloa, tetapi dengan adanya mallard liar, kawin silang terus berlanjut.

Mallard domestik pada awalnya dibawa ke pulau-pulau untuk bertani, berburu, dan memperindah kolam, tetapi banyak dari mereka yang lolos - dan sekarang berkembang karena kegemaran orang-orang untuk memberi makan bebek liar. Karena mallard terkenal karena efektivitas penangkarannya (mereka dapat kawin silang dengan itik yang bahkan sangat dekat dengannya), upaya sekarang sedang dilakukan untuk mengeluarkan semua mallard dari Negara Bagian Aloha.

Para ilmuwan juga berharap bahwa dengan meninggalkan hibrida koloa sendirian, mereka akhirnya akan kembali ke kondisi koloa murni sendiri. Namun, angan-angan semacam itu tidak berhasil.

"Bukan itu yang kami temukan," jelas Wells. "Jika Anda tidak memiliki orang tua koloa murni yang melebihi jumlah mallard liar, Anda tidak akan mendapatkan penurunan dalam proporsi hibrida itu." Meski kawin silang kadang-kadang bisa menjadi positif, seperti menambahkan keragaman genetik ke populasi inbrida, itu juga dapat mengancam kumpulan gen unik hewan yang sudah beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya.

"Tapi di sini ada kasus di mana kita memiliki cukup banyak individu dengan variasi genetik yang cukup dalam koloa, dan kita juga secara genetik mengidentifikasi spesies hibridisasi. Tampaknya sangat jelas bahwa kita dapat memisahkan yang maju." kata Wells.

Andy Engilis, rekan penulis studi, telah terlibat dalam upaya konservasi itik Hawaii sejak akhir 1980-an. Dia percaya penelitian ini merupakan terobosan dalam upaya menyelamatkan spesies dari kepunahan. [RN]