Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

TrubusLife
Syahroni
22 Nov 2019   17:30 WIB

Komentar
Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Utricularia gibba (bladderwort) - berevolusi dari daun rata. (John Innes Centre)

Trubus.id -- Resep rahasia yang digunakan alam untuk membuat beragam bentuk daun yang kita lihat di mana-mana di sekitar kita, kini telah terungkap dalam sebuah penelitian. Penemuan ini datang dalam studi tentang tanaman karnivora Utricularia gibba (bladderwort) yang telah berevolusi dengan daun berbentuk cangkir yang tidak biasa dengan pintu perangkap untuk menangkap mangsa.

Tim dari John Innes Center telah menyelidiki tanaman air sebagai model untuk memahami prinsip-prinsip umum dimana tanaman menghasilkan daun mereka. Dalam studi ini mereka menemukan bahwa perubahan sederhana dalam aktivitas gen dalam kuncup daun memberikan mekanisme yang fleksibel untuk bagaimana daun dari segala bentuk dan ukuran dibuat.

"Kami telah menemukan prinsip umum di mana daun mulai dari lembaran datar hingga berbentuk seperti jarum dan melengkung terbentuk," kata Profesor Enrico Coen dari John Innes Center dalam keterangan resminya.

"Kami menemukan bahwa bentuk daun kompleks tanaman karnivora berevolusi dari spesies dengan daun pipih melalui perubahan sederhana dalam aktivitas gen dalam kuncup daun. Yang mengejutkan kami adalah bagaimana mekanisme sederhana semacam itu dapat mendasari keanekaragaman bentuk daun." terangnya lagi.

Penelitian sebelumnya oleh laboratorium Profesor Coen telah mengidentifikasi bidang polaritas — semacam kompas seluler bawaan — yang mengarahkan pertumbuhan dan pembentukan daun dari sel sel.

Di sini, dalam sebuah penelitian yang muncul dalam jurnal Science, mereka menggunakan analisis genetik molekuler dan pemodelan komputer untuk menunjukkan bagaimana lembaran seluler terbentuk di tempat pertama, mengidentifikasi bidang polaritas kedua dan domain aktivitas gen yang terlibat dalam pengaturannya.

Setiap daun Utricularia gibba terdiri dari beberapa selebaran seperti jarum bersama dengan jebakan. Analisis mereka menunjukkan bahwa inisiasi dan pengembangan perangkap tergantung pada aktivitas gen yang terbatas pada wilayah kecil. Tanpa batasan, perangkap gagal berkembang dan hanya selebaran berbentuk jarum.

Studi ini menyajikan model di mana perubahan dalam aktivitas gen membentuk bidang polaritas yang mengarahkan pertumbuhan jaringan. Bersama-sama ia menawarkan penjelasan mekanistik sederhana dari berbagai bentuk daun dan menjelaskan bagaimana daun berbentuk cangkir berevolusi dari daun datar.

Kebanyakan daun rata untuk memanen cahaya untuk fotosintesis. Jadi mengapa mempelajari pengecualian aneh berbentuk cangkir ini pada aturan ketika Anda mencari untuk menemukan prinsip umum pembuatan daun?

"Jika Anda ingin memahami mengapa air mendidih pada 100 ° C, cari situasi di mana itu tidak, seperti puncak Gunung Everest di mana mendidih pada 70 ° C. Dari situ kita mempelajari prinsip umum bahwa titik didih tergantung pada tekanan udara. Demikian pula, jika Anda ingin memahami mengapa sebagian besar daun rata, Anda dapat mempelajari pengecualian, seperti daun beberapa tanaman karnivora yang membentuk cangkir  untuk menjebak mangsa, "jelas Profesor Coen.

Kerataan daun penting untuk bagaimana tanaman memanen cahaya, menyediakan energi dan makanan yang menopang kehidupan di planet ini. Dengan memahami prinsip-prinsip pembentukan daun, para ilmuwan dan pemulia tanaman mungkin dapat mengembangkan tanaman yang lebih berkelanjutan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: