Inilah 6 Gurun Paling Berbahaya di Dunia

TrubusLife
Hernawan Nugroho
22 Nov 2019   08:00 WIB

Komentar
Inilah 6 Gurun Paling Berbahaya di Dunia

Karena merupakan daerah yang memiliki curah hujan paling sedikit di Bumi, udara di gurun biasanya sangat kering. (gettyimages)

Trubus.id --  Apakah yang ada di pikiran Trubus Mania tentang sebuah gurun? Pasti hamparan pasir yang sangat luas yang terlihat tiada ujungnya, tandus, dan tidak ditumbuhi pepohonan. Karena merupakan daerah yang memiliki curah hujan paling sedikit di Bumi, udara di gurun biasanya sangat kering.

Karena itu juga hanya sedikit makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan yang bisa bertahan hidup di gurun. Hewan yang bisa bertahan hidup di gurun beberapa di antaranya adalah ular, unta, iguana, dan burung unta. Sedangkan tumbuhan yang bisa bertahan di gurun adalah kaktus, pohon kurma, akasia, dan pohon kelapa.

Kalau begitu, itu tandanya gurun bisa berbahaya untuk kehidupan. Ini beberapa gurun yang paling berbahaya di dunia  menurut Nature.

Baca Lainnya : Irigasi Tetes, Solusi Cerdas yang Terbukti Mengubah Gurun Pasir Menjadi Perkebunan Subur

1. Gurun Pasir Dasht-e Lut

Gurun ini berada di Iran dan termasuk gurun yang berbahaya di dunia. Arti dari nama gurun ini adalah lembah kekelaman. Padang pasir ini dikatakan berbahaya karena memiliki suhu yang sangat panas. Gurun pasir ini dianggap sebagai gurun terluas di dunia.

2. Gurun Death Valley, Amerika

Death valley ini merupakan gurun pasir yang sangat gersang dan berada di California. Gurun ini memiliki suhu yang sangat panas. Pada tahun 1913 suhu di gurun ini sekitar 56,7 derajat Celcius.

3. Gurun Pasir Kebili, Tunisia

Suhu di gurun ini sekitar 55 derajat Celcius. Selain dikenal sebagai gurun pasir yang panas, gurun pasir ini juga dikenal sebagai gurun pasir yang memiliki pemandangan indah.

4. Rub Al’Khali, Semenanjung Arab

Suhu di gurun pasir ini mencapai 56 derajat Celcius dan termasuk gurun terluas di dunia. Karena luas dan panas dari gurun ini, jika ada orang yang ingin menyeberang harus membawa bekal yang cukup dan menggunakan alas kaki yang tebal

Baca Lainnya : Hujan yang Tiba-tiba di Gurun Ini Justru Mendatangkan Kematian

5. Gurun Gobi, Asia

Gurun gobi termasuk gurun yang paling besar di Asia dan memiliki suhu yang sangat dingin, yaitu mencapai -40 derajat Celcius pada musim dingin.

6. Gurun Patagonia, Amerika

Gurun ini pada musim dingin memiliki suhu antara 3 – 12 derajat celcius. Gurun ini mengalami musim dingin selama kurang lebih 7 bulan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: