Kunyah Permen Karet Bebas Gula, Bisa Bantu Kurangi Kerusakan Gigi?

TrubusLife
Syahroni
20 Nov 2019   23:00 WIB

Komentar
Kunyah Permen Karet Bebas Gula, Bisa Bantu Kurangi Kerusakan Gigi?

Mengunyah permen karet bebas gula bantu kurangi kerusakan gigi sebut peneliti dari King's College London. (Rising Children Network)

Trubus.id -- Sebuah tinjauan sistematis yang dilakukan peneliti dari King's College London telah menemukan beberapa bukti bahwa mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu mengurangi perkembangan karies gigi (rongga) pada orang dewasa dan anak-anak.

Diterbitkan hari ini (20/11) di Journal of Dental Research: Clinical & Translational Research, tinjauan menemukan beberapa bukti bahwa mengunyah permen karet bebas gula dapat mengurangi kemajuan karies gigi, dan dapat digunakan sebagai agen pencegahan yang layak, dibandingkan dengan kontrol yang tidak mengunyah, metode seperti pendidikan kesehatan mulut dan mengawasi program menyikat gigi sendiri.

Ini termasuk analisis studi yang diterbitkan selama 50 tahun terakhir yang mengidentifikasi 12 langkah mengeksplorasi dampak dan hasil intervensi dari mengunyah permen karet bebas gula pada kondisi kesehatan mulut, dan khususnya, karies gigi pada orang dewasa dan anak-anak. Gula bebas gula ditemukan untuk mengurangi peningkatan karies, sehingga memberikan faktor pencegahan sebesar 28%.

"Ada tingkat variabilitas yang cukup besar dalam efek dari data yang dipublikasikan dan uji coba termasuk umumnya berkualitas moderat", jelas penulis utama, Profesor Avijit Banerjee, Profesor Cariologi & Operative Dentistry di King's College London.

"Namun, kami merasa ada kebutuhan yang pasti untuk memperbarui dan menyegarkan pengetahuan yang ada tentang permen karet bebas gula dan pengaruhnya terhadap karies gigi dan kesehatan mulut. Kami sedang merencanakan penelitian lebih lanjut untuk menentukan penerimaan dan kelayakan menggunakan metode ini dalam kesehatan masyarakat. " tambahnya lagi?

Dalam beberapa tahun terakhir, mengunyah permen karet bebas gula telah muncul sebagai suplemen yang mungkin untuk strategi pencegahan yang ada dalam menghentikan perkembangan karies gigi.

"Baik stimulasi air liur yang dapat bertindak sebagai penghalang alami untuk melindungi gigi, dan kontrol plak mekanis yang dihasilkan dari tindakan mengunyah, dapat berkontribusi pada pencegahan karies gigi. Gula bebas gula juga dapat bertindak sebagai pembawa untuk bahan antibakteri termasuk xylitol dan sorbitol. Tidak ada bukti konklusif baru-baru ini ada sebelum ulasan ini yang menunjukkan hubungan antara memperlambat perkembangan karies dan mengunyah permen karet bebas gula," tambah Profesor Banerjee. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: