Cara Atasi Pegal dan Nyeri Otot bagi Orang Kantoran yang Super Sibuk

TrubusLife
Hernawan Nugroho
20 Nov 2019   18:31 WIB

Komentar
Cara Atasi Pegal dan Nyeri Otot bagi Orang Kantoran yang Super Sibuk

Postur yang salah saat duduk, kursi yang kurang empuk, hingga posisi meja dan komputer yang tidak sejajar kerap membuat nyeri otot dan leher terasa sakit. (shape)

Trubus.id -- Bekerja di depan layar komputer seharian setiap hari bikin tubuh kaku, pegal, dan nyeri. Belum lagi perjalanan dari rumah ke kantor yang membuat Anda perlu berjibaku dengan kemacetan jalanan. Rutinitas harian ini tak pelak membuat Anda mengalami pegal dan nyeri otot. Saat hal ini terjadi, tentu Anda perlu mencari berbagai cara untuk menghilangkan pegal setelah bekerja agar aktivitas di hari esok tidak terganggu.

Postur yang salah saat duduk, kursi yang kurang empuk, hingga posisi meja dan komputer yang tidak sejajar kerap membuat nyeri otot dan leher terasa sakit. Apalagi jika ditambah dengan menyetir dari rumah ke kantor menerjang macet atau mungkin berdiri berdesakan di angkutan umum setiap pulang dan pergi setiap hari.

Baca Lainnya : Lelah Bekerja, Tingkatkan Lagi Konsentrasi dengan Makanan dan Minuman Ini

Ketika tubuh mulai terasa pegal-pegal dan nyeri, jangan dibiarkan. Berikut menurut Shape, berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pegal setelah bekerja:

1. Istirahat yang cukup

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menyatakan bahwa kurang tidur bisa membuat badan makin sakit. Ini karena kurang tidur dapat mengacaukan kerja respon pereda nyeri di otak. Akibatnya, Anda jadi lebih sensitif terhadap rasa sakit. Dengan kata lain, tidur menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan nyeri otot dan pegal setelah seharian bekerja.

Oleh karenanya, usahakan untuk segera beranjak ke kasur setelah bekerja untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Agar tidur lebih nyenyak, Anda bisa mengatur suhu kamar terlebih dahulu. Jangan sampai suhu kamar terlalu panas atau terlalu dingin yang bisa membuat Anda terbangun di tengah malam.

Pastikan juga menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Jika punggung terasa sakit, sebaiknya tidurlah dengan posisi telentang. Anda juga bisa tidur dengan posisi miring dengan menaruh bantal di antara kedua kaki.

(foto: gettyimages)

2. Minum obat yang mengandung ibuprofen dan paracetamol

Nyeri otot dan pegal yang tak tertahankan terkadang justru bikin susah tidur. Alih-alih beristirahat, Anda justru terjaga sepanjang malam dengan nyeri yang sangat mengganggu. Jika hal ini terjadi, saatnya minum obat pereda nyeri untuk menghilangkan pegal dan sakit otot setelah bekerja.

PIlihlah obat pereda nyeri yang terpercaya karena mengandung formula efektif yang terdiri dariibuprofen dan paracetamol. Kedua bahan aktif ini efektif meredakan nyeri di pusatnya termasuk pada otot setelah seharian bekerja. Ibuprofen terutama mampu meredakan otot yang pegal dan nyeri karena memiliki efek antiradang. Obat yang mengandung kedua bahan aktif ini dapat dengan mudah dicari di apotek dan pasaran tanpa perlu resep dokter. 

Sebelum minum obat, baca petunjuk pemakaian pada kemasannya. Ikuti aturan pakaianya dan jangan mengurangi atau melebihi dosis yang dianjurkan agar obat bekerja dengan efektif.

(foto: shape)

3. Usahakan untuk tetap bergerak

Menggerakkan otot justru bisa meringankan nyeri otot. Terutama otot-otot punggung. Pasalnya, olahraga dapat membantu mengendurkan otot yang tegang. Tak perlu melakukan olahraga berat, Anda hanya perlu jalan santai, berenang, atau melakukan beberapa gerakan yoga setelah bekerja untuk menghilangkan atau meredakan pegal.

Olahraga juga melepaskan endorfin dalam tubuh. Endorfin yaitu zat kimia di otak yang menjadi penghilang rasa sakit alami. Ketika endorfin dilepaskan, tak hanya rasa sakit yang akan berkurang tetapi stres akibat rutinitas harian juga perlahan menghilang. Rasa sakit dan stres yang berkurang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca Lainnya : Bergeraklah! Terlalu Lama Berbaring Dapat Ganggu Kesehatan

Berolahraga secara teratur juga membantu mencegah nyeri di kemudian hari akibat otot yang menegang. Jadi, tak perlu bingung lagi untuk menghilangkan otot yang pegal dan nyeri setelah bekerja. Jika berbagai cara ini tak juga mempan hilangkan nyeri dan pegal, konsultasikan ke dokter.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: