Makan Makanan Nabati di Usia Paruh Baya Cegah Penurunan Kognitif

TrubusLife
Syahroni
19 Nov 2019   21:30 WIB

Komentar
Makan Makanan Nabati di Usia Paruh Baya Cegah Penurunan Kognitif

Makan makanan nabati di usia paruh baya dapat mencegah penurunan kognitif di kemudian hari. (Pinterest)

Trubus.id -- Penelitian baru menemukan bahwa menjlani diet yang kaya akan makanan nabati dan produk hewani yang rendah selama usia paruh baya dikaitkan dengan risiko penurunan kognitif yang jauh lebih rendah di kemudian hari.

Menurut perkiraan terbaru dari PBB, saat ini ada 137 juta orang di atas usia 80 di seluruh dunia. Para ahli memperkirakan jumlah ini menjadi tiga kali lipat pada tahun 2050 dengan total mencapai 425 juta.

Jumlah orang dengan penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia juga meningkat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), di Amerika Serikat saja, saat ini ada 5 juta orang dewasa yang Dipercaya Sumber yang hidup dengan Alzheimer. Jumlah ini juga cenderung tiga kali lipat dalam beberapa dekade mendatang.

Seiring dengan pertambahan populasi, semakin penting untuk dapat mengidentifikasi faktor risiko yang dapat dimodifikasi untuk kondisi seperti Alzheimer, serta perubahan gaya hidup yang dapat mencegah kondisi neurodegeneratif seperti ini agar tidak berkembang di suatu lokasi yang sama.

Penelitian baru menunjukkan nutrisi sebagai salah satu faktornya. Mengonsumsi makanan kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian serta produk hewani yang rendah seperti daging dan susu menurunkan risiko penurunan kognitif di kemudian hari, kata studi baru itu.

Koh Woon Puay, seorang profesor di National University of Singapore (NUS) Saw Swee Hock School of Public Health dan Duke-NUS Medical School, adalah peneliti utama penelitian ini. Hasil penelitian tim telah diterbitkan dalam American Journal of Clinical NutritionTrusted Source.

Mempelajari diet dan kesehatan kognitif

Puay dan rekannya meneliti data yang tersedia dari Singapore Chinese Health Study, sebuah studi kohort populasi dari 63.257 orang Tionghoa yang tinggal di Singapura.

Sebagai bagian dari penelitian awal ini, orang dewasa berusia 45-74 tahun memberikan informasi selama wawancara tatap muka tentang diet biasa, merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, durasi tidur, tinggi, berat badan, dan riwayat medis.

Ini terjadi pada awal, antara April 1993 dan Desember 1998. Para peneliti mewawancarai para peserta lagi selama tiga kunjungan tindak lanjut, hingga 2016.

Untuk studi baru, Prof. Puay dan rekan menggunakan data ini untuk memilih informasi pada 16.948 orang - berusia 53, rata-rata - pada awal. Para peserta ini hanya menyelesaikan penilaian fungsi kognitif selama kunjungan tindak lanjut ketiga mereka, pada 2014-2016.

Untuk menilai kebiasaan makan para peserta, para peneliti menggunakan lima pola diet:

  • diet Mediterania alternatif, yang merupakan versi tweak dari diet khas Mediterania
  • Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi (DASH) diet Sumber Tepercaya
  • alternatif Indeks Makan Sehat
  • indeks diet nabati
  • indeks diet nabati yang menyehatkan

Semua diet ini sama dalam penekanannya pada makanan nabati. Dua indeks terakhir memberikan skor positif untuk mengonsumsi makanan nabati dan membalikkan skor untuk mengonsumsi makanan nabati atau makanan hewani yang kurang sehat.

Risiko penurunan kognitif hingga 33% lebih rendah

Pada 2014-2016, 2.443 peserta (14,4% dari mereka) memiliki gangguan kognitif. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang sangat patuh pada lima pola diet yang diuraikan di atas selama usia paruh baya lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penurunan kognitif.

Secara khusus, mereka yang diet yang dianggap paling mirip oleh para peneliti (di 25% teratas) dengan lima pola diet itu adalah 18-33% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kerusakan kognitif dibandingkan mereka yang memiliki diet yang kurang mirip (di 25% terbawah).

Puay mengomentari pentingnya temuan dalam skema yang lebih besar dari penelitian yang ada.  

"Studi sebelumnya telah menunjukkan hasil yang beragam ketika datang ke diet dan risiko gangguan kognitif, dengan beberapa studi dilakukan pada populasi Asia." dia menerangkan.

"Pola seperti itu, bukan tentang pembatasan satu jenis makanan tetapi komposisi pola keseluruhan yang merekomendasikan untuk mengurangi daging merah, terutama jika mereka diproses, dan termasuk banyak makanan nabati ( sayuran, buah, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian utuh) dan ikan," jelasnya lagi seperti dilansir dari Medical News Today. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: