Kehadiran Ikan Mas Asia Tekan Populasi Ikan Spesies Asli Sungai Mississippi

19 Nov 2019   22:00 WIB

Kehadiran Ikan Mas Asia Tekan Populasi Ikan Spesies Asli Sungai Mississippi

Populasi ikan target olahraga memancing atau sport fishing telah menurun secara signifikan di bagian Sungai Mississippi. Kondisi ini terjadi karena sungai itu kini telah dipenuhi oleh spesies ikan mas Asia. (AP Photo/John Flesher)

Trubus.id -- Populasi ikan target olahraga memancing atau sport fishing telah menurun secara signifikan di bagian Sungai Mississippi. Kondisi ini terjadi karena sungai itu kini telah dipenuhi oleh spesies ikan mas Asia. Kondisi ini menambah bukti kekhawatiran tentang ancaman spesies ivasif terhadap spesies asli, menurut sebuah studi baru.

Analisis data populasi hampir 20 tahun menunjukkan bahwa ikan mas adalah ikan pesaing bagi ikan yang dihargai oleh pemancing, seperti ikan yellow perch, bluegill, dan crappie hitam dan putih, kata laporan itu.

Para ilmuwan telah lama menduga ikan mas Asia telah membuat kelaparan ikan lain di Mississippi dan banyak anak sungainya. Studi peer-review bulan ini dalam jurnal Biological Invasions adalah di antara yang pertama untuk membangun hubungan yang kuat, kata penulis utama John Chick dalam sebuah wawancara dengan Associated Press.

Baca Lainnya : Selamat dari Buangan Toilet, Ikan Mas Raksasa Ditemukan di Sungai Niagara

"Alarm sudah lama ada di sana. Ini menambah argumen mustard lebih lanjut bahwa kita perlu memperhatikan hal-hal ini dengan serius. Tren yang telah terjadi di sini bukanlah tren yang ingin kita lihat di tempat lain." kata Chick, ahli biologi perikanan yang mengarahkan stasiun lapangan University of Illinois di Alton, Illinois.

Empat varietas ikan mas Asia diimpor pada akhir 1960-an dan awal 1970-an untuk membersihkan alga dan gulma dari kolam limbah dan peternakan ikan. Sebagian dari mereka banyak yang kemudian melarikan diri ke Mississippi dan bermigrasi ke utara.

Ikan mas Bighead dan perak adalah ikan mas yang paling merepotkan. Mereka memangsa binatang kecil dan tanaman yang dikenal sebagai plankton, yang hampir semua ikan dimakan saat remaja. Untuk beberapa spesies pemakan saringan, itu adalah makanan pokok seumur hidup.

Badan-badan federal dan negara bagian telah menghabiskan banyak uang untuk penelitian dan mengembangkan teknologi untuk menghalau mereka agar keluar dari jalur sungai utama. Dalam makalah mereka, Chick dan rekannya jarang ada cukup data untuk mendokumentasikan bagaimana spesies invasif membahayakan spesies asli.

Tetapi Korps Teknisi Angkatan Darat A.S. telah memantau ikan di sistem Mississippi Atas selama lebih dari dua dekade, termasuk beberapa tahun sebelum ikan mas tiba, menggunakan electrofishing untuk mengumpulkan sampel.

Baca Lainnya : Terpapar Obat-obatan Manusia, Perilaku Ikan Ini Berubah jadi Lebih Agresif

Menganalisis jumlah yang disusun Korps ini antara tahun 1994 dan 2013, tim Chick menemukan ikan target buruan pancing turun sekitar 30 persen di dua daerah yang dipenuhi ikan mas di Sungai Mississippi dan satu di Sungai Illinois.

Sementara itu, jumlah ikan buruan pancing tumbuh hampir 35 persen di tiga bagian Mississippi lebih jauh ke hulu yang belum dicapai oleh ikan mas. Tren ini terus berlanjut, kata Chick, yang masih memonitor data dari Korps teknisi Angkatan Darat AS.

Penelitian ini berfokus pada ikan mas perak yang terkenal karena mampu melompat dari air ketika terkejut. Ini dilakukan karena mereka lebih berlimpah di Mississippi Atas daripada ikan mas bighead.

Ditemukan bahwa ikan target buruan pancing mungkin kalah pada tahap awal kehidupan, ketika mereka bergantung pada plankton yang telah habis dilahap ikan mas invasif ini.

Para peneliti mempertimbangkan faktor-faktor lain termasuk banjir, suhu air dan polusi sedimen. Tetapi tidak ada yang ditemukan memainkan peran penting dalam tren ikan buruan pancing di Mississippi bagian atas.

Baca Lainnya : Ilmuan Temukan Ikan Air tawar Tertua di Dunia yang Sudah Hidup Selama 112 Tahun

Wilayah ini kurang menarik perhatian dalam pertempuran ikan mas dibandingkan Great Lakes, kata para peneliti, tetapi ekonomi rekreasi luar nilainya sekitar $ 2,2 miliar.

Studi ini berharga karena didasarkan pada pengamatan langsung populasi ikan selama periode yang panjang, kata Tammy Newcomb, seorang ahli biologi perikanan dan pakar ikan mas Asia dengan Departemen Sumber Daya Alam Michigan.

"Ini bagian lain dari sains yang berkontribusi pada rasa urgensi keseluruhan" untuk menghentikan kemajuan ikan paus, kata Newcomb, yang bukan bagian dari penelitian.

Kevin Irons, manajer spesies gangguan air dengan Departemen Sumber Daya Alam Illinois, yang juga tidak ambil bagian dalam penelitian ini, mengatakan ia umumnya setuju dengan temuannya.

Namun dia mengatakan itu tidak membuktikan ikan mas invasif telah menyebabkan ikan drop-off dan perbedaan antara bagian sungai seperti vegetasi juga dapat mempengaruhi jumlah ikan. [RN]