Kenali Asupanmu, Ini 4 Jenis Makanan Fungsional yang Wajib ada Dalam Rencana Diet

TrubusLife
Thomas Aquinus
19 Nov 2019   06:00 WIB

Komentar
Kenali Asupanmu, Ini 4 Jenis Makanan Fungsional yang Wajib ada Dalam Rencana Diet

Ilustrasi (Path Labs)

Trubus.id -- Sementara semua makanan memiliki beberapa fungsi atau manfaat - dari mengurangi rasa lapar hingga menjadi pemancing selera - konsep memakan 'makanan fungsional' menjadi cukup populer. Makanan yang dimaksud di sini memiliki satu tujuan khusus - untuk memberikan manfaat kesehatan tambahan di luar makanan pokok. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Jepang pada 1980-an tetapi perlu waktu untuk mencapai momentum global. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan makanan fungsional? Let’s take a look

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Tak perlu dikatakan bahwa dengan bantuan buah-buahan dan sayuran segar setiap hari dapat menawarkan manfaat yang luar biasa. Ini adalah sumber terkaya dari sebagian besar vitamin dan mineral, yang membantu metabolisme dan menjaga fungsi tubuh tetap optimal. Mereka juga mengandung fitonutrien, yang memiliki manfaat antiinflamasi dan antikanker serta kaya serat, membuat mereka bagus untuk kesehatan usus. Cobalah buah jeruk, sayuran hijau berdaun, beri, wortel, ubi, apel, aneka labu, bawang, bawang putih, paprika dan tomat.

Baca Lainnya : Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini untuk Singkirkan Perut Buncit 

Biji-bijian utuh

Beralihlah dari biji-bijian olahan ke biji-bijian utuh untuk banyak manfaat. Karbohidrat kompleks ini mengatur gula darah, mengendalikan nafsu makan, meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya, menghilangkan racun dari usus dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mereka juga meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan. Makan gandum utuh, beras merah atau hitam, bayam, soba, gandum bulgur, millet, barley, quinoa dan bibit gandum bisa dijadikan awal yang baik.

Makanan kaya protein

Ada alasan mengapa protein adalah kata kunci dalam diet dan obat-obatan saat ini. Dengan meningkatnya penyakit gaya hidup, protein dapat membantu mencegahnya. Ini mengatur gula darah dan mencegah timbulnya diabetes tipe 2 dengan menjaga keseimbangan insulin. Protein membantu menyeimbangkan hormon tertentu dalam tubuh, membantu fungsi tiroid. Ini juga meningkatkan kesehatan otot, tulang, tulang rawan, dan jaringan ikat. Makanlah campuran protein hewani dan nabati - telur, makanan laut, daging tanpa lemak, susu, keju, yoghurt, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, lentil dan kacang-kacangan.

Baca Lainnya : Jaga Kesehatan Mata, Konsumsi 5 Makanan Ini

Lemak sehat

Kita sering mengabaikan lemak, padahal mereka juga vital untuk fungsi tubuh. Mereka berkontribusi pada persendian yang sehat, membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, meningkatkan kesehatan sel, melindungi organ dari penyakit dan kerusakan, dan sebagainya. Tentu saja, kamu harus memastikan bahwa kamu makan jenis lemak yang tepat. Ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel mengandung asam lemak omega 3 yang vital. Vegetarian bisa mendapatkan takaran lemak sehat dari biji rami, kenari, almond, alpukat, minyak kelapa, kedelai, dan sebagainya. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: