Masalah Perilaku Kucing Umum dan Cara Memperbaikinya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
18 Nov 2019   22:00 WIB

Komentar
Masalah Perilaku Kucing Umum dan Cara Memperbaikinya

Kadang kucing menunjukkan perilaku yang tdak menyenangkan pemiliknya, cari tahu penyebabnya untuk mendapatkan solusi yang tepat (petWorld)

Trubus.id -- Kucing adalah makhluk yang sangat misterius. Jika seekor anjing biasanya loyal dan penurut, teman-teman kucing memiliki kebiasaan yang lebih aneh. Kita biasa membiarkan kucing bermain dengan aturan mereka sendiri, tapi alangkah baiknya untuk memahami beberapa perilaku mereka yang tidak menyenangkan. Mengapa mereka tiba-tiba memboikot kotak sampah? Mengapa sofa baru itu begitu menggoda untuk dicakar? Mengapa segelas air kita seakan merupakan makanan lezat? Di sini, para ahli dari laman PetWorld menjelaskan masalah perilaku kucing umum dan bagaimana cara memperbaikinya.

1. Pergi Meninggalkan Kotak Kotorannya

Coba dilihat lagi seberapa bersih? Cukup bersih untuk memenuhi standar yang menuntut kucing?  "Kucing membenci toilet kotor, sama seperti kita," kata Amy Shojai, penulis dan konsultan perilaku hewan bersertifikat di Amerika Serikat. "Tetap bersihkan dengan menyendok setidaknya setiap hari, dan ikuti aturan satu-plus-satu untuk kotak sampah: satu kotak per kucing, ditambah satu."

Baca Lainnya : Kucing Anda Kesakitan? Ekspresi Wajah Mereka Bisa Mengungkap Jawabannya

Preferensi kamar mandi manusia berlaku di sini dan pastikan kotaknya cukup luas. Shojai memperingatkan bahwa sebagian besar kotak sampah komersial berada di sisi kecil, dan menyarankan menggunakan tempat penyimpanan plastik yang lebih besar jika kucing berada di sebelah kotak. Masih belum berhasil? Cobalah menukar tempat sampah, karena bisa jadi tempat kotoran yang lama membuat kucing tidak nyaman, atau tidak memenuhi harapannya.

2. Tidur Siang di Tumpukan Cucian Bersih

Tidak ada yang lebih menarik bagi kucing selain tumpukan cucian bersih dan hangat. Kita dapat mencoba memperkenalkan tempat tidur kucing berbulu tambahan ke rumah, tetapi pada akhirnya, ini adalah pertempuran yang kemungkinan besar tidak akan menangkan. Kucing adalah makhluk yang nyaman, dan cucian segar adalah lambang kenyamanan. Pengelolaan ruang mungkin merupakan cara termudah untuk mencegah penumpukan cucian belum diseterika.

(foto: petworld)

3. Mengemil Tanaman Hias

Meskipun tidak menggoda seperti akuarium ikan, tanaman hias masih memiliki potensi untuk dimakan, itu karena di alam liar, kucing sesekali karnivora makan "salad" tumbuhan tertentu. Selalu pilih tanaman yang tidak beracun bagi kucing untuk ditanam di dalam rumah. Shojai merekomendasikan untuk menambahkan biji pinus ke pekebun (kucing tidak suka teksturnya) atau menggunakan selotip dua sisi yang membuat rooting melalui tanaman menjadi kurang menyenangkan. Atau, sediakan beberapa tanaman kucing yang ditunjuk - pot catnip atau wheatgrass yang mudah diakses, kemungkinan akan menyelamatkan tanaman hias.

4. Menggigit Jari

Awalnya memang lucu, tetapi menggigit jari pada akhirnya bisa menyakitkan tapi ingat, anak kucing (dan giginya) bertambah besar.
Ketika anak kucing tidak memiliki teman bermain, mereka lebih cenderung mengubah pergelangan kaki dan tangan menjadi sasaran serangan, jadi sering kali merupakan ide yang baik untuk mengadopsi anak kucing secara berpasangan. Shojai juga merekomendasikan belajar "berbicara" dengan kucing, mendesis atau menjerit singkat untuk mengkomunikasikan bahwa perilaku itu menyakitkan. Lalu usahakan selalu punya banyak mainan kunyah untuk kucing.

Baca Lainnya : Bolehkan Kita Membawa Anak Kucing dengan Cara Menyubit Bagian Tengkuknya? Ini Penjelasannya

5. Minum dari Gelas Air Anda

Jika berbagi rumah dengan kucing, kemungkinan kita harus waspada terhadap segelas air yang tidak dijaga. Kucing tidak hanya menikmati memercikkan cakar mereka ke dalam air, tetapi seperti kita, mereka lebih suka minuman mereka sesegar mungkin. Cara terbaik untuk menjaga gelas tetap bersih adalah membuat air kucing lebih bersih. Pemilik juga bisa menyediakan semangkuk air di tempat-tempat nyaman untuk kucing di seluruh rumah.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wabah Belalang yang Menyerang Afrika Sekarang Terjadi di Tiongkok

Plant & Nature   24 Feb 2020 - 11:20 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Makanan Wajib Saat Menderita Flu

Health & Beauty   22 Feb 2020 - 23:15 WIB
Bagikan: