Benarkah Diet dengan Chia Seed Bisa Turunkan Berat Badan?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
18 Nov 2019   13:30 WIB

Komentar
Benarkah Diet dengan Chia Seed Bisa Turunkan Berat Badan?

Chia seed mampu mengenyangkan perut dan memperlambat tubuh dalam memproses makanan yang dikonsumsi (StayFit)

Trubus.id -- Konsumsi chia seed secara rutin apakah trik sukses diet untuk turunkan berat badan? Mungkin Trubus Mania juga punya pertanyaan yang sama.

Sangat kaya akan nutrisi, chia seed mengandung tinggi serat, asam lemak omega-3, karbohidrat, dan protein yang memiliki manfaat berarti untuk kesehatan tubuh, demikian papar laman StayFit. Menjawab apakah chia seed dapat menurunkan berat badan, simak ulasannya berikut, Chia seed mengandung beragam nutrisi, sehingga sering dikatakan sebagai makanan super untuk diet yang dapat menurunkan berat badan. Tapi apakah benar demikian?

Buku yang berjudul The Aztec Diet mengatakan 4 sampai 8 sendok makan chia seed dapat mengurangi rasa lapar. Dalam buku tersebut diungkapkan bahwa chia seed mampu mengenyangkan perut dan memperlambat tubuh dalam memproses makanan yang dikonsumsi. Namun, belum disebutkan secara jelas bahwa chia seed dapat menurunkan berat badan.

Baca Lainnya : Ingin Berat Badan Turun? Stop Percaya 5 Mitos Diet yang Salah Berikut Ini!

Sementara itu, studi yang dipublikasikan di Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2012, meneliti 56 wanita post-menopause dengan berat badan berlebih. Mereka diberikan 25 gram chia seed selama 10 minggu.  Dalam kurun waktu tersebut, peneliti menghitung massa tubuh, komposisi tubuh, maupun tekanan darah. Selama waktu tersebut, tidak ada temuan bahwa chia seed memberikan penurunan berat badan pada subyek penelitian.

Sementara itu, menurut David Nieman, DrPH, seorang profesor dari Appalachian State University in North Carolina, juga melakukan penelitian selama 12 minggu mengenai korelasi antara konsumsi 50 gram chia seed per hari dan penurunan berat badan. Menurut studinya, chia seed juga tidak memberikan pengaruh penurunan berat badan dan penurunan lemak. Oleh karenanya, masih dibutuhkan studi yang lebih lanjut apakah chia seed dapat digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan.

Namun, studi lain mengatakan bahwa diet dengan chia seed dapat berkontribusi untuk menurunkan berat badan bagi penderita diabetes tipe 2. Studi ini melibatkan 77 partisipan yang obesitas. Selama studi, partisipan diminta untuk diet dengan mengurangi konsumsi kalori. 

Baca Lainnya : 6 Hal Tidak Terduga Penyebab Berat Badan Turun Drastis

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diminta untuk mengonsumsi chia seed setiap hari selama 6 bulan. Kelompok lainnya diminta mengonsumsi makanan berbahan dasar oat. Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang tidak mengonsumsi chia seed mengalami penurunan berat 0,3 kg. Sementara kelompok yang menyertakan chia seed dalam dietnya mengalami penurunan rata-rata 1,9 kg.

Melalui penelitian-penelitian tersebut, bisa disimpulkan penurunan berat badan dengan chia seed akan berhasil bila diiringi dengan pembatasan asupan kalori dan olahraga teratur.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: