Peneliti Universitas Bristol: Ukuran Bukanlah Segalanya di Dunia Evolusi Tanaman

17 Nov 2019   17:00 WIB

Ukuran bukan segalanya di dunia evolusi tanaman. (Doc/ University of Bristol)

Trubus.id -- Para peneliti dari Universitas Bristol telah mengungkap salah satu alasan keberhasilan evolusi tanaman berbunga. Makalah tim, yang diterbitkan dalam Prosiding Royal Society B: Ilmu Biologi, menyelidiki peran ukuran genom - total DNA yang terkandung dalam sel organisme - dalam menjelaskan keberhasilan evolusi tanaman berbunga - yang dikenal sebagai angiospermae

Mereka menemukan bahwa kemampuan beberapa tanaman untuk secara cepat memvariasikan ukuran genomnya, membantu menjelaskan keragaman besar yang terlihat pada tanaman berbunga.

Dari 320.000 tanaman darat yang hidup, 268.000 adalah angiospermae. Peneliti utama, Mark Puttick, dari School of Biological Sciences, mengatakan: "angiospermae memiliki sejumlah besar ukuran genom, dan ada bukti ukuran genomnya berlipat dua pada berbagai titik dalam evolusi. Kami menggunakan pohon keluarga dari semua tanaman darat untuk memodelkan laju pembentukan spesies baru, dan laju evolusi ukuran genom.

"Kami menemukan hubungan antara tingkat evolusi ukuran genom dan diversifikasi dalam angiospermae, sedangkan tanaman darat lainnya memiliki tingkat rendah untuk keduanya. Karena angka ini sangat tinggi dalam angiospermae, ini sebagian dapat menjelaskan keberhasilan evolusi besar mereka."

Rekan penulis James Clark menambahkan "Ini adalah tingkat perubahan, daripada memiliki ukuran genom yang lebih besar atau lebih kecil, itulah faktor penting dalam menjelaskan keberhasilan tanaman berbunga."

Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kemampuan angiospermae untuk membentuk salinan gen baru, karena hal ini dapat menyebabkan sifat-sifat baru pada tanaman, dan juga kemampuan untuk menjajah lingkungan baru dan pada akhirnya, pembentukan spesies baru.

"Hasil kami menunjukkan model 'kemampuan berevolusi' dalam evolusi ukuran genom pada tanaman berbunga. Dengan memiliki tingkat evolusi ukuran genom yang lebih tinggi, angiosperma meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup dan kemampuan mereka untuk menjajah lingkungan baru." jelas Mark lagi.