Duplikasi Genom Bunga Berkontribusi pada Keanekaragamannya yang Spektakuler

17 Nov 2019   16:00 WIB

Duplikasi Genom Bunga Berkontribusi pada Keanekaragamannya yang Spektakuler

Semua bunga berbagi sejarah duplikasi genom, yang mungkin telah berkontribusi pada keanekaragamannya yang spektakuler. (James Clark, University of Bristol)

Trubus.id -- Para ilmuwan di University of Bristol telah menjelaskan evolusi bunga dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Royal Society, Prosiding Royal Society B belum lama ini. Evolusi tanaman telah diselingi oleh inovasi besar, tidak lebih mencolok di antara tanaman hidup selain bunga. Tanaman berbunga bertanggung jawab atas sebagian besar keanekaragaman tanaman hidup dan mencakup semua tanaman utama.

Penemuan bahwa semua tanaman berbunga mengalami penggandaan genom pada suatu saat selama evolusi mereka telah menimbulkan spekulasi bahwa peristiwa duplikasi ini memicu diversifikasi garis keturunan yang spektakuler ini, tetapi pengaturan waktu dari peristiwa ini tetap sulit untuk dijabarkan.

Duplikasi genom memberikan salinan kedua dari setiap gen tunggal tempat seleksi dapat bertindak, yang berpotensi mengarah pada bentuk-bentuk baru dan keragaman yang lebih besar.

Proses ini mengarah pada pembentukan keluarga besar gen - kita dapat memeriksa sejarah duplikasi dalam keluarga gen dalam genom semua kelompok utama tanaman dan kemudian melihat tingkat perubahan dalam urutan DNA mereka dalam kaitannya dengan bukti yang disajikan oleh catatan fosil tumbuhan. Ini memberi kita 'jam molekuler', yang dengannya kita dapat menentukan tanggal peristiwa evolusi.

James Clark dari Fakultas Ilmu Bumi Universitas Bristol, memimpin penelitian ini. Dia berkata: "Kami telah menemukan bahwa, berdasarkan sinyal dari keluarga gen ini, waktu duplikasi ini tidak mendukung peran langsung sebagai 'pemicu' bagi evolusi tanaman berbunga. Sebaliknya, duplikasi tampaknya telah terjadi setidaknya 50 juta tahun sebelum diversifikasi tanaman berbunga. Hasil ini menunjukkan bahwa jika duplikasi berdampak pada evolusi tanaman berbunga, maka itu mungkin lebih dari 'sekering panjang' yang mungkin membuka jalan bagi inovasi dan diversifikasi kemudian, daripada langsung menyebabkan mereka."

Duplikasi genom tidak diragukan lagi memiliki peran untuk dimainkan dalam evolusi tanaman, dan temuan ini menyoroti perlunya mempertimbangkan dengan cermat kapan setiap duplikasi terjadi. Profesor Philip Donoghue, juga dari Fakultas Ilmu Bumi Universitas Bristol, turut menulis penelitian ini.

"Duplikasi genom adalah peristiwa langka, tetapi sering terjadi pada titik-titik balik utama dalam sejarah evolusi, termasuk dalam sejarah evolusi mendalam kita sendiri. Pendekatan kami akan memungkinkan kami dan para ilmuwan lain untuk mencapai dasar hubungan antara duplikasi genom dan keberhasilan evolusi." dia mengatakan. [RN]