5 Kesalahan dalam Berolahraga yang Merugikan Kulit

TrubusLife
Syahroni
16 Nov 2019   10:00 WIB

Komentar
5 Kesalahan dalam Berolahraga yang Merugikan Kulit

Kesalahan usai berolahraga berikut ini bisa merugikan kulit kamu loh. (Muscle & Fitness)

Trubus.id -- Tetap aktif adalah kunci untuk tubuh yang sehat. Jika Trubus Mania berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan dan jauh dari penyakit di masa depan, you won half the battle. Namun, ada lebih banyak kebugaran dari sekadar mengunjungi gym.

Berolahraga adalah hal rumit, dan jika tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Salah satunya, kesengsaraan kulit. Pemula sering cenderung kehilangan perawatan kulit ketika membangun kekuatan fisik, dan merasa sulit ketika mereka berjuang dengan jerawat dan kulit kusam.

Selain berfokus pada tubuh, kamu juga perlu merawat kulit, loh. Berikut enam kesalahan berolahraga yang merusak kesehatan kulit. 

1. Tidak menghapus riasan sebelum latihan

Jika kamu pergi ke gym tepat setelah bekerja atau menyelinap berolahraga di tengah hari yang sibuk, kemungkinan makeup masih menempel di wajah.  This is an absolute no-no. Selama berolahraga, pori-pori kulit terbuka dengan keringat. Ketika penumpukan produk bergabung dengan keringat, akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Tip: Bawalah tisu pembersih riasan sekali pakai di tas olahraga untuk menghilangkan riasan dengan cepat dan nyaman.

2. Tidak membawa handuk olahraga

Handuk adalah salah satu perlengkapan olahraga penting yang tidak dapat dilewatkan. Pori-pori terbuka rentan terhadap bakteri yang membuat tubuh terpapar saat menggunakan peralatan bersama di gym. Berusahalah sebaik mungkin untuk tidak menyentuh wajah selama sesi latihan. Jaga rambut tetap diikat dan dijepit dan gunakan handuk untuk membersihkan keringat.

Tip: Jangan menggosok handuk di wajah karena dapat mengiritasi kulit. Sebaliknya, tepuk-tepuk kulit hingga kering. Jika kulitmu sensitif, pilihlah handuk kertas sekali pakai.

3. Terlalu lama memakai pakaian olahraga yang basah kuyup

Bergaul dengan teman-teman gym setelah sesi yang melelahkan atau menjalankan tugas dalam perjalanan pulang berarti kamu memakai pakaian olahraga untuk waktu yang lama setelah latihan. Berlama-lama di dalam pakaian berkeringat tidak membiarkan pori-pori bernafas, yang dapat menyebabkan gatal dan punggung berjerawat.

Tip: Bawalah satu set pakaian ganti baru jika tidak bisa mandi segera setelah berolahraga.

4. Tidak cukup menghidrasi

Sementara air minum selama sesi tampak mutlak perlu, masih banyak yang mengabaikan hidrasi pasca-latihan. Tubuh kehilangan banyak air karena keringat. Karenanya, tetap hidrasi tubuh bahkan setelah berolahraga untuk membantu kulit pulih dan lembap kembali.

Tip: Sediakan jus, smoothie atau infused water untuk membuat minuman lebih menyenangkan. Sertakan makanan seperti mentimun, blewah, nanas, jeruk, dan raspberry dalam makanan pasca olahraga karena mereka memiliki kandungan air yang tinggi.

5. Tidak mengisi dengan nutrisi yang tepat

Berolahraga tanpa menguatkan tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan tentu tak ada gunanya. Kelelahan dan penurunan berat badan yang tidak sehat adalah beberapa akibat umum dari rutinitas olahraga yang buruk.

Tip: Siapkan minuman kaya protein untuk penambah nutrisi tepat setelah berolahraga. Selain itu, hindari kelaparan dalam waktu lama dan makanlah dalam waktu satu jam.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Salah Kaprah, Inilah Saat yang Tepat Kamu Membutuhkan Masker

Health & Beauty   28 Mar 2020 - 02:48 WIB
Bagikan:          

Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Bisa Menangkal Virus Corona

Health & Beauty   28 Mar 2020 - 02:43 WIB
Bagikan: