Susu Domba Miliki Banyak Manfaat yang Tak Kalah dengan Susu Ternak Lainnya

TrubusLife
Syahroni
15 Nov 2019   21:30 WIB

Komentar
Susu Domba Miliki Banyak Manfaat yang Tak Kalah dengan Susu Ternak Lainnya

Ilustrasi susu domba. (Newshub)

Trubus.id -- Sebuah makalah yang diterbitkan dalam Comprehensive Review in Food Science dan Safety Food mengeksplorasi karakteristik fisikokimia dan gizi susu domba dan pengembangan produk susu domba yang mengandung prebiotik dan / atau probiotik.

Menurut penulis, susu sapi adalah susu yang paling umum dikonsumsi, mendominasi produksi susu dunia dengan 782 juta ton pada 2013. Delapan puluh lima persen dari produksi susu dunia berasal dari sapi, diikuti oleh susu dari spesies lain seperti kerbau ( 11%), kambing (2,3%), domba (1,4%), dan unta (0,2%).

Namun, peternakan penghasil susu domba mewakili bagian penting dari ekonomi agraria di banyak negara, terutama yang berbatasan dengan Laut Mediterania dan di Timur Tengah.

Susu domba adalah sumber nutrisi yang sangat baik dan terutama digunakan untuk produksi keju karena kandungan padatan totalnya yang tinggi, berkontribusi terhadap hasil keju yang tinggi. Namun, manfaat fungsional dari matriks makanan ini masih belum dijelajahi oleh industri susu.

"Susu domba memiliki banyak kualitas [fungsional] yang perlu dieksplorasi. Ini jauh lebih dari sebuah toko makanan sederhana untuk menghasilkan keju yang enak," jelas penulis utama makalah ini, Celso Fasura Balthazar, MSc.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek dari penambahan mikroorganisme probiotik dan, terutama, komponen prebiotik dalam produk susu domba, seperti keju, yogurt, es krim, dan makanan penutup susu lainnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: