Jagung Warna Ungu, Apa Bedanya dengan Jagung Warna Kuning?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
15 Nov 2019   12:38 WIB

Komentar
Jagung Warna Ungu, Apa Bedanya dengan Jagung Warna Kuning?

Jagung ungu karena mengandung zat warna antosianin yang berkhasiat untuk keehatan (theguardian)

Trubus.id -- Ternyata warna jagung bukan hanya kuning. Ada juga jagung yang warnanya ungu. Apa bedanya dengan jagung yang berwarna kuning dan di mana bisa dapat jagung warna ungu?

Menurut theguardian, biji jagung yang berwarna ungu ini disebabkan karena tingginya kandungan antosianin. Antosianin berasal dari bahasa Yunani, anthos yang berarti bunga sementara dan kyanos berarti biru. Antosianin adalah zat yang mengatur warna biji, seperti ungu, violet dan merah yang banyak terkandungan dalam sayur dan buah.

Baca Lainnya : Yummy, Es Krim dari Jagung Buatan Sendiri, Penasaran?  

Setelah dilakukan sebuah penelitian, ternyata zat ini sangat bermanfaat untuk menghindarkan kita dari kanker usus besar. Di Peru, biasanya jagung ini diolah menjadi pudding. Wah, sudah lezat, menyehatkan lagi. 

Selain dapat mencegah kanker usus besar, manfaat lain dari jagung ungu ini adalah menyembuhkan obesitas dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah jenis yang dapat dicegah dengan mengurangi berat-badan yang membuat insulin bekerja dengan lancar sehingga darah tidak kelebihan gula. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi zat warna jagung ini sama sekali tidak mengalami penambahan berat badan.

Bagi para pengidap penyakit kanker, perawatan yang harus dilakukan dengan jagung ungu ini adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk minuman. Namun ingat, jangan menggunakan gula, gunakanlah madu sebagai pemanis. Hal tersebut juga berlaku bagi orang yang menderita diabetes.

Baca Lainnya : Tak hanya Bijinya, Kulit Jagung Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Loh

Selain itu, jagung ungu dapat menghambat lemak jahat di tubuh, melindungi lambung, meningkatkan penglihatan, dan bahkan membuat kulis mulus. 

Hanya mungkin cara mendapatkannya yang masih sulit saat jagung ini. Di Indonesia, jagung ungu masih belum terkenal. Hanya beberapa daerah saja yang menanamnya seperti Manado, Palu, dan Maluku Barat Daya.

Hebatnya, jagung ungu juga ditakuti oleh burung. Warnanya yang gelap membuat burung tidak mau mendekat sehingga jagung ungu digunakan juga untuk melindungi jagung kuning.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: