Musim Hujan Hampir Datang, Tingkatkan Sistem Imun dengan Cara Ini

TrubusLife
Hernawan Nugroho
15 Nov 2019   14:00 WIB

Komentar
Musim Hujan Hampir Datang, Tingkatkan Sistem Imun dengan Cara Ini

 Sistem imun yang baik dan kuat akan membuat tubuh lebih tahan dari penyakit yang menyebar saat musim hujan (gettyimages)

Trubus.id -- Setelah mengalami musim kemarau, akhirnya musim hujan datang dan hampir setiap hari turun hujan. Ini artinya kita harus berhati-hati, karena pada musim hujan, virus dan bakteri bisa berkembang lebih cepat. Akibatnya, kita jadi mudah terkena atau tertular virus dan bakteri penyebab penyakit. Tubuh akan semakin mudah terserang penyakit kalau sistem imun kita sedang lemah.

Penyakit yang banyak menyerang saat musim hujan biasanya sepeti flu, pilek, dan batuk. Sistem imun yang baik dan kuat akan membuat tubuh lebih tahan dari penyakit yang menyebar saat musim hujan. Ini tips dari Health untuk meningkatkan sistem imun dengan beberapa cara sederhana. 

1. Olahraga Teratur

Melakukan olahraga teratur bisa menjadi cara mudah bagi kita untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Berolahraga ringan, seperti berjalan kaki atau jalan cepat akan membuat sirkulasi sel pembunuh patogen alami, sel darah putih, dan pejuang sistem kekebalan tubuh lainnya meningkat.

Ketika sel-sel kekebalan ini menghadapi patogen yang menyebabkan penyakit, maka sel-sel tadi akan secara efektif membunuh penyebab penyakit. Namun peningkatan sistem kekebalan tubuh ini hanya berlangsung singkat, yaitu tiga jam saja. Tiga jam setelah berolahraga, maka sel-sel kekebalan tubuh ini akan kembali ke tempat mereka berasal. Agar fungsi kekebalan tubuh ini lebih optimal, maka sebaiknya kita melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda selama 30 sampai 60 menit perhari.

2. Menghindari Olahraga Berat

Berolahraga memang penting dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Namun sebaiknya olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan dan hindari olahraga berat. Sebabnya adalah karena saat kita melakukan olahraga berat dengan intensitas tinggi, maka hormon stres kita akan meningkat. Hal ini justru akan membuat sistem kekebalan tubuh tidak bisa merespons sel-sel kekebalan tubuh dengan baik.

Inilah sebabnya olahraga ringan seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau bersepeda jadi olahraga yang tepat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berolahraga saat tubuh sudah terserang penyakit juga tidak akan membuat kita sembuh lebih cepat.

3. Tidur Nyenyak

Ketika kita sedang sakit, maka tubuh akan memproduksi hormon yang membuat kita mengantuk dan lebih banyak tidur. Hal ini bertujuan untuk memaksa tubuh beristirahat dan memulihkan diri dari sakit. Tidur nyenyak tidak hanya berguna saat sakit saja, tapi juga penting dilakukan saat tubuh masih dalam keadaan sehat. Dengan tidur nyenyak, maka hal ini membantu meningkatkan sistem imun kita selain berolahraga.

Saat kita tidak cukup tidur, ternyata jalur genetik kita yang berhubungan dengan sistem imun akan ditekan dan tidak bisa bekerja dengan baik. Setidaknya, tidur selama tujuh jam dengan nyenyak akan berguna untuk meningkatkan sistem imun kita.

Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan sehat untuk meningkatkan sistem imun juga menjadi hal yang penting dilakukan. Makanan menjadi sumber bahan bakar utama untuk tubuh, sehingga kalau kita tidak memberikan bahan bakar yang tepat untuk tubuh, maka sistem imun tidak bisa bekerja dengan baik.

Agar sistem imun semakin kuat, maka kita harus memperbanyak konsumsi makanan dengan vitamin dan mineral tertentu. Vitamin B, vitamin C, dan vitamin D menjadi asupan vitamin yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: