Meski Lentik Bak Jari Wanita, Okra Ternyata Sayur dengan Sejuta Manfaat Sehat Loh

TrubusLife
Syahroni
14 Nov 2019   18:30 WIB

Komentar
Meski Lentik Bak Jari Wanita, Okra Ternyata Sayur dengan Sejuta Manfaat Sehat Loh

Okra atau ladies finger ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan bagi manusia. (Soren Dreier)

Trubus.id -- Okra (Abelmoschus esculentus) alias bendi, yang juga dikenal sebagai ladies’ finger di India, adalah sayuran hijau yang luar biasa, yang menawarkan banyak nutrisi dan manfaat kesehatan. Tumbuhan berbunga yang banyak tumbuh di sekitar kawasan Ethiopia ini juga banyak ditemui di daerah tropis, termasuk Indonesia. 

Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa tips tentang mengapa okra bermanfaat, dan mengapa kita harus mulai menambahkannya ke menu makanan kita.

  • Okra adalah pembangkit nutrisi penting dan tidak mengandung lemak atau kolesterol.

Rendah kalori, okra terdiri dari zat besi, kalium, vitamin B dan kalsium, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Okra juga dikenal sebagai makanan antioksidan tinggi, yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes dan masalah pencernaan. Kehadiran asam folat dan Vitamin B6 di dalamnya membantu metabolisme yang lebih baik dan Vitamin A meningkatkan jaringan yang sehat.

  • Okra sangat bagus untuk pencernaan.

Kandungan seratnya yang kaya mempromosikan saluran pencernaan yang sehat.

  • Okra membantu mengontrol kadar kolesterol.

Ini bagus untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi atau penyakit jantung apa pun. Kandungan serat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan magnesium membantu mengatur tingkat tekanan darah.

  • Sayuran hijau ini juga menstabilkan kadar gula.

Orang dengan kadar glukosa darah tinggi harus memasukkan okra dalam makanan sehari-hari mereka. Ini membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Jika ingin menurunkan berat badan, pilih okra, yang juga baik untuk manajemen berat badan.

Tak hanya meningkatkan pencernaan tetapi juga membuatmu kenyang untuk waktu yang lama, sehingga meminimalkan keinginan makan. Nutrisi penting lainnya membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

  • Manfaat penting lainnya adalah kemampuan okra untuk membantu meredakan stres dan meningkatkan mood.

Kandungan magnesium yang ditemukan di okra dapat membantu menghilangkan kecemasan, dan kandungan triptofan dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental.

  • Okra membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Serat sehat tidak hanya meningkatkan pencernaan tetapi juga membantu meningkatkan fungsi bakteri usus sehat, yang pada gilirannya membangun kekebalan yang dibutuhkan untuk melawan infeksi umum.

Cara terbaik untuk memasukkan okra dalam diet adalah dengan memasaknya dengan rempah-rempah, atau memanggangnya di oven dengan membumbuinya dengan minyak zaitun, lada, oregano, dan sedikit garam. Okra juga enak saat digoreng, karena ternyata benar-benar renyah dan lezat!

Selamat mencoba, Trubus Mania! 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: