Ini Dia Penggunaan Drone Terbaik! Alat Penghijauan Kembali Hutan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
13 Nov 2019   17:00 WIB

Komentar
Ini Dia Penggunaan Drone Terbaik! Alat Penghijauan Kembali Hutan

Keuntungan dengan drone adalah kita memiliki gambar sebelum menjatuhkan benih, dan dapat memberi geotag pada jalurnya (Factor Daily)

Trubus.id -- Fungsi drone ternyata sangat beragam. Salah satu diantaranya adalah untuk penyelamatan lingkungan hidup. Di dekat Bangalore, India, area seluas 10.000 hektar di perbukitan Doddaballapur di utara kota, sedang menjalani uji coba untuk melihat seberapa baik pembenihan drone dapat bekerja di area yang gundul. Lereng yang curam berarti penanaman dengan tangan manusia hampir tidak mungkin. 

"Yang ada dalam pikiran kami adalah untuk setidaknya menanam 10.000 hektar, dan kami akan melakukan ini setiap tahun, selama tiga tahun berturut-turut," Profesor S.N. Omkar, kepala ilmuwan riset di Institut Sains India, Bangalore mengatakan kepada Factor Daily. Para ilmuwan akan melacak di mana pohon tumbuh dan membandingkan dengan di mana benih dijatuhkan untuk menentukan faktor apa dan jenis pohon apa yang bereaksi paling baik terhadap penanaman drone. Setiap biji dikemas dalam bola bersalut pupuk kandang untuk memberikan awal terbaik.

"Keuntungan dengan drone adalah kita memiliki gambar sebelum menjatuhkan benih, dan dapat memberi geotag pada jalurnya. Selanjutnya, setiap tiga bulan sekali, kita dapat terbang di atas area itu dan melihat dampak dari menjatuhkan benih," kata Omkar.

Menanam area yang sebelumnya gundul bukan hanya tentang pohon, tentu saja. "Selain memberikan tutup hijau, saya ingin membawa kembali burung, kupu-kupu, dan juga monyet. Saya tumbuh bersama mereka. Ketika saya masih kecil, ini adalah area hijau yang subur," kata Omkar dari program Bangalore. Dimulai pada 2017, proyek itu saat ini masih dalam progres. Jika rencana penyemaian pesawat tak berawak ini berhasil, ingatan masa muda Omkar yang hijau dan penuh fauna bisa diwujudkan sekali lagi.

Baca Lainnya : Tiap Tahun Dunia Kehilangan Hutan Sebesar Wilayah Inggris

Di belahan dunia lainnya, penggunaan pintar teknologi drone ini menyebar. BioCarbon sebuah perusahaan berbasis di Inggris yang berfokus pada upaya memerangi deforestasi dalam skala yang sama besarnya dengan masalahnya. Singkatnya, deforestasi menghancurkan lebih dari 25 miliar pohon per tahun. CEO Lauren Fletcher, seorang mantan insinyur NASA, berangkat dengan tujuan menanam 1 miliar pohon per tahun di tempat-tempat di mana deforestasi memiliki dampak terbesar pada masyarakat lokal dan planet ini - hutan hujan dan hutan Afrika Selatan dan Amazon di Brasil.

Tujuannya adalah "restorasi ekosistem," kata Fletcher, yang melihat pekerjaan yang dilakukan perusahaannya sebagai cara untuk menangkal bisnis penebangan pohon yang sangat efisien, yang telah mempercepat deforestasi dalam beberapa dekade terakhir.

Skema penanaman pohon yang ada tidak bergerak cukup cepat: "Ada saat-saat ketika penanaman dengan tangan benar-benar pendekatan yang tepat," kata Fletcher kepada Fast Company. "Tapi, dalam kasus lain, drone bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk lokasi yang tepat pada waktu yang tepat."

Metode perusahaan memiliki lima bagian: Pemetaan (untuk mengumpulkan informasi tentang area yang akan diunggulkan); Seedpods, yang dapat terbiodegradasi dan dirancang untuk membantu benih berkecambah; menanam campuran benih di area yang telah ditentukan oleh pemetaan; pemantauan untuk memastikan pohon tumbuh sesuai rencana; dan pengumpulan data, yang akan memungkinkan program menjadi lebih pintar dan lebih efisien dari waktu ke waktu.

Cara kerja drone untuk penanaman kembali hutan (Foto: BioCarbon) 

Sebuah proyek dimulai di Myanmar pada bulan September 2018 sedang terlihat hasilnya. Di daerah seukuran Pulau Rhode di mana pohon-pohon tidak tumbuh sebelumnya, sekarang ada ribuan pohon bakau 20 inci.

Baca Lainnya : Berikut Ini Dampak Nyata Kebakaran Hutan Amazon bagi Mahluk Hidup Penghuninya

"Kami sekarang memiliki kasus yang dikonfirmasi tentang spesies apa yang dapat kami tanam dan dalam kondisi apa," kata Irina Fedorenko, salah seorang pendiri BioCarbon. "Kami sekarang siap untuk meningkatkan penanaman kami dan meniru kesuksesan ini."

Daerah berhutan sangat penting, baik untuk kemanusiaan dan kesehatan planet jangka panjang - pohon aktif menangkal suhu yang meningkat dan juga melindungi tanah lapisan atas, lanskap dan sungai dari efek perubahan iklim. "Dengan membangun kembali hutan, Anda tidak hanya meningkatkan kualitas air dan udara setempat, tetapi juga dapat membawa pekerjaan dan produk ke suatu wilayah," kata Fletcher.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: