Jangan Buru-buru Diet Gluten, Ini 4 Jenis Pati yang Juga Baik Bagi Tubuh 

TrubusLife
Hernawan Nugroho
10 Nov 2019   16:00 WIB

Komentar
Jangan Buru-buru Diet Gluten, Ini 4 Jenis Pati yang Juga Baik Bagi Tubuh 

Ternyata tidak semua pati buruk bagi tubuh (gettyimages)

Trubus.id -- Sementara makanan bertepung (pati) memiliki reputasi buruk dan banyak orang beralih pada diet gluten, tapi ternyata tidak semua pati buruk, loh! Tepung halus seperti tepung putih memang jelas harus dihindari, tetapi ada banyak pilihan sehat di luar sana untuk kamu coba. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

1. Pati nabati

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, pati nabati adalah sumber kalium yang sangat baik. Sebut saja jagung, kacang polong, kentang, ubi dan labu. Labu tertentu juga menawarkan beta karoten, antioksidan yang menjaga kesehatan mata dan sel.

Baca Lainnya : 3 Kelompok Orang yang Tidak Disarankan Menjalani Diet Keto

2. Biji-bijian utuh

Oatmeal adalah sumber pati yang sangat baik karena mengandung serat yang tidak larut, yang penting untuk pencernaan. Bentuk pati resisten ini paling baik dikonsumsi dimasak. Oat juga tinggi antioksidan. Biji-bijian utuh lainnya dengan pati yang baik untuk dipertimbangkan termasuk beras merah, quinoa dan jelai (jali-jali).

3. Tumbuhan polong 

Kacang dan tumbuhan polong lainnya adalah sumber pati resisten karena mereka juga menawarkan protein, vitamin B dan nutrisi lainnya. Yang terbaik adalah mengonsumsinya setelah dimasak terlebih dahulu sehingga kandungan lektin (protein yang menyebabkan penggumpalan sel) menurun.

Baca Lainnya : Diet Bebas Gluten Tidak Akan Membantu Bagi Orang yang Miliki Usus Sehat

4. Pisang

Di antara sumber buah, pisang - baik hijau maupun kuning - menawarkan sejumlah besar pati dan serat resisten, dan merupakan sumber karbohidrat alami yang kompleks. Paling baik dikonsumsi segar!

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Health & Beauty   19 Jan 2020 - 17:35 WIB
Bagikan: