Hindari Insomnia, Begini Pola Makan yang Baik untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

TrubusLife
Hernawan Nugroho
10 Nov 2019   14:30 WIB

Komentar
Hindari Insomnia, Begini Pola Makan yang Baik untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Apa yang kita makan memiliki dampak lebih besar pada pencegahan insomnia (Sociolla)

Trubus.id -- Kita mungkin tahu beberapa makanan bisa membantu tidur lebih cepat, sebaliknya ada pula makanan yang justru membuat kita terjaga sepanjang malam. Namun kadang makanan tertentu tak terhindarkan, sehingga membuat malam-malam panjang insomnia. Apa yang kita makan memiliki dampak lebih besar pada delapan jam tidur itu daripada yang kita sadari, loh. 

Berikut adalah beberapa tips pola makan untuk diikuti, jika kamu ingin mendapatkan cukup tidur.

1. Makan malam dua jam sebelum tidur

Sangat ideal untuk menyelesaikan makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur, karena memungkinkan makanan tercerna dengan baik. Jika makan terlalu dekat dengan jam tidur, ada kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan ketika kamu berbaring. Hal ini bisa menghasilkan refluks asam, yang pada gilirannya menyebabkan kegelisahan dan sulit tidur.

Baca Lainnya : Tidur Sangat Penting Bagi Kesehatan Otak, Ini Penjelasannya

2. Mendinginkan suhu tubuh dari dalam

Makan makanan yang tidak merangsang panas alami, sebaliknya mendinginkan tubuh. Sayuran segar, buah-buahan, susu dan sebagainya adalah ide bagus. Ketika kamu mengonsumsinya, tubuh akan melepaskan lebih banyak melatonin, yakni hormon yang melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Makan karbohidrat rendah GI (indeks glikemik)

Hindari karbohidrat olahan di malam hari, dan sebaliknya makan karbohidrat kompleks atau gandum utuh. Ketika kamu makan karbohidrat olahan, kadar gula darah akan berfluktuasi, dan ini bertindak sebagai stimulan bagi tubuh untuk tetap terjaga.

Baca Lainnya : Makanan Ini Bisa Membuat Tidur Jadi Tidak Nyenyak

4. Hindari kafein

Cobalah dan minum secangkir kopi atau teh terakhir selambat-lambatnya jam 4 sore. Telah diketahui bahwa kafein bertindak sebagai stimulan, yang bisa membuat kita tetap terjaga di malam hari. Juga waspadai sumber-sumber lain seperti soda, minuman berenergi, dan bahkan beberapa bentuk obat. Jika kamu harus menyesap sesuatu, cobalah teh chamomile atau lavender.

5. Pilih camilan dengan baik

Lebih dekat ke waktu tidur, pilih camilan dengan baik. Beberapa makanan yang sehat dan meningkatkan kualitas tidur adalah ceri, almond, kenari, kiwi, dan segelas susu dengan kunyit, pisang, dan oatmeal.

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan: