Makanan Ini Lebih Sehat Jika Dikonsumsi Bersamaan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
09 Nov 2019   18:00 WIB

Komentar
Makanan Ini Lebih Sehat Jika Dikonsumsi Bersamaan

Menambahkan rosemary sebagai antioksidan bisa mencegah terbentuk senyawa karsinogenik pada olahan daging (gettyimages)

Trubus.id -- Berbagai bahan makanan memiliki banyak sekali nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Ada campuran makanan yang bisa bedampak buruk bagi tubuh, tapi ada juga campuran makanan yang jika dikonsumsi bersamaan sangat baik bagi tubuh.

Ini karena ada kandungan yang bisa saling melengkapi sehingga manfaatnya bisa diserap tubuh, atau mencegah senyawa yang buruk berkembang. Mari, kita cari cermati beberapa di antaranya, menurut Gizikita.

1. Campuran Sayuran Segar dan Telur

Gado-gado biasanya menyajikan campuran sayuran segar seperti buncis, wortel, dan yang lainnya, dan ada tambahan telur. Rupanya, mengonsumsi sayuran segar (dikukus atau direbus) ditambah dengan telur baik untuk tubuh. Banyak sayuran yang segar mengandung karotenoid yang bisa membantu melawan penyakit.

Baca Lainnya : Memiliki Banyak Nutrisi, Tenyata Ini 3 Sayuran Hijau yang Paling Sehat

Namun, karotenoid ini sulit diserap oleh tubuh, Trubus Mania. Dengan menambahkan telur, kandungan lemak dalam kuning telur bisa membantu penyerapan karotenoid di tubuh.

Sehingga mengonsumsi telur dan sayuran segar bisa memaksimalkan penyerapan karotenoid di tubuh. Selain telur, minyak seperti minyak zaitun biasanya digunakan untuk dressing atau saus salad. Menambahkan lemak baik dari minyak zaitun ke salad sayuran bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak karotenoid dari sayuran segar dari salad itu.

(foto: istimewa)

2. Campuran Bayam dan Stroberi

Meski kedengarannya aneh, campuran bayam dan stroberi rupanya baik untuk tubuh. Tingkat keasaman atau pH di perut kita yang asam membuat penyerapan zat besi dari tumbuhan menjadi sulit.

Nah, kandungan yang bisa meningkatkan penyerapan zat besi di tubuh adalah vitamin C, teman-teman. Keasaman dari vitamin C akan mengubah zat besi ke dalam bentuk yang lebih mudah diserap. Selain bayam dan stroberi, kacang hitam dan paprika merah juga campuran yang baik untuk membantu penyerapan zat besi di tubuh.

3. Daging Panggang dan Rosemary

Daging yang dimasak dengan suhu tinggi akan membentuk senyawa yang berhubungan dengan beberapa jenis kanker pada hewan. Senyawa itu adalah heterocyclic amines. Namun, menambahkan rosemary sebagai antioksidan bisa mencegah terbentuk senyawa itu.

Baca Lainnya : Alasan Kesehatan, Daging Olahan Mulai Dilarang di Sekolah-sekolah New York City

4. Ubi Jalar dan Bayam

Ubi jalar mengandung vitamin A yang tinggi. Namun, supaya vitamin A bisa masuk ke dalam darah, vitamin A membutuhkan bantuan dari zink. Karenanya, mengonsumsi ubi jalar dengan bayam yang kaya kandungan zink bisa membantu vitamin A masuk ke dalam darah.

5. Campuran Kunyit dan Lada Hitam

Dalam kunyit, ada pigmen curcumin yang berwarna kuning. Curcumin bisa membantu mencegah dan mengobati beberapa penyakit seperti gangguan sel saraf, jantung dan peredaran darah, paru-paru, metabolisme, autoimun, dan penyakit ganas.

Curcumin juga sulit diserap oleh tubuh, namun senyawa dalam lada bisa membantunya. Senyawa piperine dalam lada hitam bisa membantu tubuh menyerap curcumin lebih baik. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi curcumin karena bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: