Studi: Musim Adalah Faktor Penting dalam Pengambilan Sampel Mikroba Tanah

TrubusLife
Syahroni
07 Nov 2019   23:00 WIB

Komentar
Studi: Musim Adalah Faktor Penting dalam Pengambilan Sampel Mikroba Tanah

Ilustrasi. (Istimewa)

Trubus.id -- Kumpulan bakteri tanah mempengaruhi keberhasilan panen dan keberlanjutan pertanian dengan berinteraksi dengan tanaman dalam berbagai cara. Mulai dari bertukar nutrisi hingga memengaruhi kerentanan tanaman terhadap infeksi.

Sue Ishaq, asisten profesor ilmu hewan dan kedokteran hewan di Sekolah Pangan dan Pertanian Universitas Maine, baru-baru ini berpartisipasi dalam sebuah proyek yang meneliti bagaimana kumpulan bakteri tanah ini merespons sistem produksi gandum yang berbeda sepanjang musim.

Baca Lainnya : Penelitian Baru: Mikroba Tanah Mainkan Peran Penting dalam Ketahanan Penyakit Tanaman

Studi ini menemukan bahwa musim, yang jarang dimasukkan dalam evaluasi ini; keanekaragaman gulma; dan sistem pengelolaan pertanian semuanya memengaruhi komunitas mikroba tanah. Temuan ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk memasukkan atau mengatasi musim dalam pengambilan sampel tanah untuk keanekaragaman mikroba.

Makalah yang berjudul "Kumpulan bakteri tanah gandum bervariasi di sepanjang musim tanam dan di antara sistem pertanian lahan kering," ini baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Geoderma. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: