5 Terapi Alami untuk Atasi Mata Kering

TrubusLife
Syahroni
07 Nov 2019   20:30 WIB

Komentar
5 Terapi Alami untuk Atasi Mata Kering

Ilustrasi. (MD Links)

Trubus.id -- Sindrom mata kering, alias dry eyes, disebabkan karena mata kita tidak menghasilkan cukup air mata atau ketika air mata tidak memberikan cukup pelumasan. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan disertai dengan sensasi perih atau terbakar di mata, pembentukan lendir yang berserabut di atau sekitar mata, peningkatan sensitivitas terhadap cahaya, kemerahan atau penglihatan kabur. 

Berikut adalah lima cara untuk dapat mengatasi masalah mata kering.

Kompres hangat

Ambil kain bersih dan rendam sebentar di air hangat. Letakkan kain ini di atas mata selama lima menit. Kemudian, gosokkan kain dengan lembut di atas kelopak mata, baik bagian bawah maupun atas, untuk menghilangkan kotoran. Ulangi proses ini sampai air mendingin. Metode ini membantu melumasi mata sehingga meningkatkan kualitas air mata dan meringankannya dari kemerahan dan iritasi yang mungkin menyertai.

Minyak kelapa

Minyak ini bertindak sebagai agen pelumas untuk mata dan mencegah air mata menguap dengan cepat. Selain itu, ia memiliki sifat antiinflamasi yang mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mata kering. Cukup rendam bola kapas dalam minyak kelapa dan letakkan di kelopak mata tertutup selama 15 menit. Ulangi ini sepanjang hari sampai kamu merasa lega.

Suplemen nutrisi

Penelitian telah menemukan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu menghilangkan gejala mata kering. Sumber omega-3 seperti salmon, sarden, minyak biji rami, kenari, dll., dapat membantu mengurangi peradangan mata sehingga meningkatkan produksi air mata sehingga membebaskan kamu dari sindrom mata kering.

Gel lidah buaya

Karena sifatnya yang basa, gel lidah buaya adalah obat yang efektif untuk mata kering. Sifat pelembab dan antiinflamasinya membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Bilas daun lidah buaya dan ekstrak gel. Ambil sedikit gel pada tisu dan usap dengan lembut hanya di bagian luar kelopak mata. Setelah 10 menit, bilas dengan air hangat. Ulangi ini dua kali sehari.

Air mawar

Ramuan rileks alami ini bisa memberikan keajaiban pada mata yang tegang dan lelah. Selain itu, kaya akan vitamin A, yang mana jika kita kekurangan asupannya akan menghasilkan mata kering. Rendam bola kapas dalam air mawar dan oleskan pada kelopak mata tertutup. Setelah 10 menit, bilas dengan air dingin. Kamu juga bisa menggunakan air mawar murni sebagai tetes mata untuk menghilangkan rasa sakit instan. Ulangi ini tiga kali sehari. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: