Bintang Youtube Ini Berkoalisi Kampanyekan Tanam 20 Juta Pohon

TrubusLife
Thomas Aquinus
07 Nov 2019   10:00 WIB

Komentar
Bintang Youtube Ini Berkoalisi Kampanyekan Tanam 20 Juta Pohon

YouTuber Jimmy Donaldson - TeamTrees (BBC)

Trubus.id -- Untuk memerangi krisis iklim, sebuah koalisi YouTuber telah bergabung bersama demi misi raksasa untuk menanam 20 juta pohon yang dimulai pada Januari 2020. Disebut #TeamTrees, kampanye reboisasi ini membuat media sosial gempar. Sejauh ini, mereka telah mengumpulkan cukup dana untuk menanam lebih dari 8 juta pohon, dan jumlah itu terus meningkat.

Bagaimana semuanya dimulai? Ketika YouTuber Jimmy Donaldson, atau MrBeast, mencapai 20 juta pelanggan di saluran YouTube-nya, yang didedikasikan untuk aksi ekstrim dan tantangan filantropi, pelanggannya justru menantangnya menanam 20 juta pohon untuk memperingati kesempatan tersebut. Kampanye pun dengan cepat menjadi viral.

"Orang-orang terus mengolok-olok generasi kita untuk aktivisme retweet dan tidak benar-benar melakukan sesuatu ... ini adalah kesempatan Anda untuk membuat perbedaan," kata MrBeast kepada para pendukungnya. “Untuk memperjelas, kita semua menyadari 20 juta pohon tidak akan memperbaiki perubahan iklim. Tetapi pada akhirnya, 20 juta lebih pohon lebih baik daripada nol! Kami ingin mengambil tindakan!”

Baca Lainnya : Peduli Lingkungan Mister Eco Indonesia 2017 Igo Afwan Tanam Pohon Massal

Lebih dari 600 materi iklan YouTube telah bergabung dengan inisiatif #TeamTrees, bahkan mengumpulkan pelanggan mereka untuk mengikuti upaya penanaman pohon. Hingga saat ini, influencer media sosial ini memiliki total gabungan 650 juta pelanggan, dua kali lipat populasi Amerika Serikat.

Setiap sumbangan US$1 berarti menanam satu pohon. Dalam 48 jam pertama situs web #TeamTrees yang ditayangkan pada tanggal 25 Oktober, inisiatif ini mengumpulkan lebih dari US$5 juta - dan dana terus bertambah.

Baca Lainnya : 4 Artis Peduli Terumbu Karang dan Bersahabat dengan Lingkungan

Semua sumbangan dikirim langsung ke Arbor Day Foundation, nirlaba yang dikhususkan untuk penanaman pohon. Selama hampir 50 tahun, organisasi nirlaba itu telah menanam 250 juta pohon di seluruh dunia. Pohon yang didanai oleh upaya #TeamTrees akan ditanam di seluruh dunia mulai Januari 2020. Yayasan Arbor Day mengantisipasi tanggal penyelesaian Desember 2022; tahun 2022 akan menandai peringatan 150 tahun Hari Arbor yang pertama.

Untuk mempromosikan tingkat kelangsungan hidup pohon yang sukses, Arbor Day Foundation akan bermitra dengan United State Forest Service, National Park Service, dan National Association of State Foresters untuk memastikan pohon yang ditanam tidak akan menjadi spesies invasif. Pohon-pohon yang dipilih akan berasal dari daerah di mana mereka ditanam, banyak di hutan nasional yang dikelola oleh lembaga pemerintah.

Baca Lainnya : Rio Dewanto, Suarakan Penyelamatan Lingkungan Melalui Musik

Untuk mempercepat prosesnya, kampanye #TeamTrees sedang menghibur kolaborasi dengan DroneSeed, sebuah perusahaan yang menyebarkan drone untuk menanam pohon dengan cara yang dapat diukur. Drone kecil pertama memetakan lanskap, diikuti oleh drone yang lebih besar yang menjatuhkan kapal benih di lokasi ideal untuk menanam pohon.

Selain itu, kolaborasi YouTube ramah lingkungan ini membanjiri platform dengan konten pohon. Koalisi #TeamTrees berharap untuk membuat game algoritma dan mendorong lebih banyak video lingkungan untuk peringkat di bagian atas daftar putar yang direkomendasikan. Dengan video pohon yang tren di sebelah video kucing, ibu pertiwi tentu akan bangga. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: