Studi Terbaru: Berlari Terkait dengan Risiko Kematian yang Jauh Lebih Rendah

TrubusLife
Syahroni
05 Nov 2019   23:00 WIB

Komentar
Studi Terbaru: Berlari Terkait dengan Risiko Kematian yang Jauh Lebih Rendah

Ilustrasi. (Istimewa)

Trubus.id -- Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara online di British Journal of Sports Medicine disebutkan, berlari terkait dengan risiko kematian yang jauh lebih rendah dari sebab apa pun. Analisis ini sendiri ditemukan dari bukti-bukti yang berhasil dikumpulkan para peneliti. 

Jika lebih banyak orang berlari — dan mereka tidak harus berlari jauh atau cepat — kemungkinan akan ada peningkatan substansial dalam kesehatan dan umur panjang manusia, simpul para peneliti.

Tidak jelas seberapa baik lari dapat mencegah risiko kematian dari sebab apa pun dan terutama dari penyakit kardiovaskular dan kanker, kata para peneliti.

Juga tidak jelas seberapa banyak berlari yang perlu dilakukan seseorang untuk menuai manfaat potensial ini, atau apakah meningkatkan frekuensi, durasi, dan kecepatan — dengan kata lain, meningkatkan 'dosis' - bahkan mungkin lebih menguntungkan.

Untuk mencoba dan mencari tahu, para peneliti secara sistematis meninjau penelitian yang diterbitkan relevan, presentasi konferensi, dan tesis doktoral dan disertasi dalam berbagai database akademik.

Mereka mencari studi tentang hubungan antara berlari / jogging dan risiko kematian dari semua penyebab, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Mereka menemukan 14 studi yang cocok, yang melibatkan 232.149 orang, yang kesehatannya telah dilacak antara 5,5 dan 35 tahun. Selama waktu ini, 25.951 peserta penelitian telah meninggal dunia.

Ketika data penelitian dikumpulkan, jumlah lari dikaitkan dengan risiko kematian 27% lebih rendah dari semua penyebab untuk kedua jenis kelamin, dibandingkan dengan tidak berlari. Dan hal itu dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 30% lebih rendah, dan risiko kematian akibat kanker lebih rendah 23%.

Bahkan 'dosis' kecil lari, misalnya sekali seminggu atau kurang, berlangsung kurang dari 50 menit setiap kali, dan dengan kecepatan di bawah 6 mil (8 km) per jam, tampaknya masih dikaitkan dengan manfaat kesehatan / umur panjang yang signifikan.

Jadi berlari selama 25 menit kurang dari durasi mingguan yang direkomendasikan dari aktivitas fisik yang kuat dapat mengurangi risiko kematian. Hal ini membuat lari merupakan opsi yang berpotensi bagus bagi mereka yang hambatan utama untuk melakukan olahraga yang cukup adalah kurangnya waktu, saran para peneliti.

Tetapi peningkatan 'dosis' tidak terkait dengan penurunan lebih lanjut risiko kematian dari sebab apa pun, analisis menunjukkan.

Ini adalah penelitian observasional, dan karena itu, tidak dapat membuktikan penyebabnya. Dan para peneliti mengingatkan bahwa jumlah penelitian yang dimasukkan kecil dan metode mereka bervariasi, yang mungkin mempengaruhi hasil.

Namun demikian, mereka menyarankan bahwa jumlah lari apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali, menyimpulkan: "Peningkatan tingkat partisipasi dalam berlari, terlepas dari 'dosisnya', mungkin akan mengarah pada peningkatan substansial dalam kesehatan dan umur panjang populasi." [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: