Perubahan Iklim Meningkatkan Kekeringan dan Kebakaran Hutan di California

TrubusLife
Thomas Aquinus
03 Nov 2019   16:00 WIB

Komentar
Perubahan Iklim Meningkatkan Kekeringan dan Kebakaran Hutan di California

Ilustrasi kebakaran hutan (Pixabay/skeeze)

Trubus.id -- Pemanasan global dan perubahan iklim mengakibatkan angin kencang dan kelembaban rendah terjadi di California. Tanah negara bagian tersebut mulai mengering dan membuat lebih rentan terhadap serangan serangga, wabah penyakit hutan dan musim kebakaran yang berkepanjangan.  

Departemen Kehutanan & Perlindungan Kebakaran California, atau CalFire, baru-baru ini melaporkan bahwa “sementara kebakaran hutan adalah bagian alami dari lanskap California, musim kebakaran di California dan lintas barat mulai lebih awal dan berakhir kemudian setiap tahun. Perubahan iklim dianggap sebagai pendorong utama tren ini".

Dilansir dari Inhabitat, intensitas kebakaran hutan yang meningkat saat ini merupakan masalah serius bahwa emisi gas rumah kaca dan jejak karbon global harus diatasi. Pemanasan yang semakin cepat dan pembakaran bahan bakar fosil yang terperangkap menjadikan bumi semakin panas sehingga mengubah pola curah hujan dan memperbesar risiko kebakaran hutan dan musim berkepanjangan mereka.

Baca Lainnya : Kebakaran Hutan California Paksa 180 Ribu Warga Mengungsi

Temperatur naik dari iklim ekstrem juga menyebabkan udara kering yang dengan cepat mengeringkan vegetasi di tanah. Kondisi kekeringan ini mengubah bentang alam, mengundang serangan hama pemakan kulit yang memakan banyak pohon dan membuatnya lebih rentan terhadap penyakit hutan. 

Suhu tinggi, angin kencang, kondisi kering dan flora yang sakit adalah formula untuk risiko kebakaran. Tetapi variabel lain untuk peningkatan kejadian kebakaran di California disebabkan oleh percikan api yang dapat menyalakan tinderbox; percikan itu bisa dimulai dengan infrastruktur utilitas listrik.

Kini pemadaman jaringan listrik California menjadi hal baru yang normal. Komisi Utilitas Publik California yang mengatur layanan di seluruh negara bagian menyampaikan "Untuk melindungi California, peraturan tersebut dewan telah menerapkan sejumlah inisiatif iklim yang mencakup rencana mitigasi kebakaran hutan utilitas yang meminta pemadaman listrik untuk pelanggan, terutama selama kondisi yang sangat panas dan kering.

Baca Lainnya : Beracun, Ganggang Biru-Hijau Sebabkan Pantai California Ditutup

Walaupun banyak pelanggan menentang tindakan pemadaman listrik. California telah berada di garis depan dalam memerangi perubahan iklim, bahkan mempromosikan energi terbarukan dan tenaga surya sebagai sebuah strategi.

Dalam rangka mengurangi frekuensi kebakaran hutan, para peneliti di bidang akademi, militer, publik, dan swasta saat ini tengah mempelajari bahan tahan api atau tidak mudah terbakar untuk mengeraskan bangunan dan rumah di California dengan harapan menjadikannya lebih tangguh. 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Jangan Tunda Lagi, Ikuti 3 Tips Ini untuk Bibir Cerah Sehat Alami 

Health & Beauty   22 Nov 2019 - 14:22 WIB
Bagikan: