Peneliti Temukan Spesies Baru yang Hidup di Mulut Hiu Paus

TrubusLife
Syahroni
01 Nov 2019   22:30 WIB

Komentar
Peneliti Temukan Spesies Baru yang Hidup di Mulut Hiu Paus

Podocerus jinbe — dinamai berdasarkan nama sebutan hiu tempat mereka pertama kali ditemukan. (Doc/ Universitas Hiroshima Via AFP)

Trubus.id -- Mulut hiu paus mungkin tidak tampak seperti lingkungan yang paling ramah untuk sebuah rumah. Namun para peneliti Jepang telah menemukan tidak ada tempat seperti itu untuk makhluk mirip udang yang baru ditemukan.

Penghuni mungil itu — dijuluki podocerus jinbe — adalah sejenis gammaridea, spesies yang dikenal karena kemampuannya yang kuat untuk hidup di lingkungan mulai dari pegunungan tinggi hingga laut dalam. Tetapi ketua peneliti Ko Tomikawa, seorang profesor di Universitas Hiroshima, mengatakan dia "terkejut" menemukan mereka hidup di mulut seekor binatang.

"Makhluk ini, yang biasanya 3-5 cm panjangnya, luar biasa karena mereka dapat hidup di berbagai macam lingkungan. Tapi aku tidak menyangka kita akan menemukan satu di dalam mulut hiu paus," kata Tomikawa kepada AFP.

Gammaridea adalah sejenis krustasea, kelompok yang termasuk kutu air. Peneliti itu mengatakan varietas baru itu memiliki tubuh berwarna coklat dengan panjang sekitar lima milimeter dan berbulu, yang membantu menangkap zat organik untuk makanan.

Hiu paus dikenal sebagai jinbe zame dalam bahasa Jepang, menginspirasi nama penghuninya yang baru ditemukan. Dan Tomikawa mengatakan ada beberapa alasan bagus mengapa spesies itu memilih lokasi yang tidak terduga.

"Mulut hiu paus mungkin merupakan habitat yang baik karena air laut segar, yang diperlukan bagi mereka untuk bernafas masuk secara teratur, dan makanan mengalir juga," katanya.

"Dan itu juga menyediakan tempat yang aman tanpa pemangsa." tambahnya lagi.

Varietas baru itu ditemukan setelah Tomikawa dihubungi oleh akuarium di prefektur Okinawa selatan yang penasaran ingin tahu apa yang tampaknya hidup di hiu paus di sana. Sekitar seribu makhluk ditemukan di dalam insang mulut hiu, katanya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: