Apakah Diet Garam Menjamin Terhindar dari Hipertensi?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
23 Okt 2019   08:00 WIB

Komentar
Apakah Diet Garam Menjamin Terhindar dari Hipertensi?

Diet garam ternyata tidak otomatis menghindarkan seseorang dari ancaman hipertensi (gettyimages)

Trubus.id -- Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang umum ditemui. Hipertensi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit seperti jantung, stroke, dan gangguan ginjal. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah. Salah satunya adalah dengan membatasi asupan garam. Namun, apakah tidak makan garam sudah pasti tidak kena hipertensi?

Menurut HealthToday, ternyata jawabannya adalah tidak. Ini karena ada berbagai faktor lain yang turut berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah. Hipertensi adalah gangguan yang memiliki banyak penyebab. Berbagai faktor yang dapat memengaruhi terhadap terjadinya hipertensi antara lain:

Baca Lainnya : Benarkah Hipertensi Tidak Dapat Disembuhkan?

1. Usia

Semakin bertambahnya usia maka risiko Anda menderita hipertensi juga turut bertambah. Laki-laki berusia di atas 55 tahun dan wanita berusia di atas 65 tahun memiliki risiko menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Perbedaan usia ini dikarenakan wanita memiliki efek pelindung pembuluh darah pada hormon estrogen selama belum mengalami menopause.

2. Obesitas

Jika memiliki berat badan berlebih atau obesitas, mungkin Anda perlu menurunkan berat badan segera. Berat badan yang berlebihan diketahui dapat meningkatkan risiko Anda mengalami hipertensi.

(foto: health)

3. Stres

Jika seseorang tergolong mudah stres psikologis atau tidak dapat mengelola stres dengan baik, waspadalah karena akan punya risiko lebih tinggi untuk menderita hipertensi. Selain itu, seseorang dengan tingkat stres yang tergolong tinggi juga lebih berisiko terkena penyakit jantung.

4. Rokok

Merokok diketahui secara luas tidak membawa manfaat baik bagi kesehatan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan lonjakan pada tekanan darah. Kandungan nikotin dalam rokok dapat memacu sistem saraf untuk melepaskan zat kimia yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan berkontribusi terhadap terjadinya hipertensi.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: