Sering Disimpan dalam Waktu Lama, Apa Madu Bisa Basi?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
22 Okt 2019   22:00 WIB

Komentar
Sering Disimpan dalam Waktu Lama, Apa Madu Bisa Basi?

Madu memiliki zat antibakteri yang membuatnya tahan lama (health)

Trubus.id -- Sifatnya yang manis alami, madu sering dijadikan sebagai pemanis alami yang sehat. Madu juga sering dijadikan obat penyembuh berbagai masalah kesehatan. Namun, apakah Trubus Mania pernah terlintas pertanyaan, madu bisa basi tidak, ya? Ini dia faktanya!

Apakah madu bisa basi? Ketika kita membeli madu, biasanya ada tanggal kedaluwarsa di kemasannya. Kemudian kita jadi bertanya-tanya apa benar madu bisa kedaluwarsa? Padahal madu terbuat dari bahan alami. Sebenarnya, madu dalam bentuk paling murni dan alami yang tanpa tambahan gula atau pun bahan lain tidak bisa basi.

Baca Lainnya : Madu Menjadi Pertolongan Pertama Pada Batuk

Madu murni sangat tinggi gula. Bahkan, 80% kandungan madu terdiri dari gula alami. Tingginya gula ini menghambat pertumbuhan berbagai jenis mikroba, seperti bakteri dan jamur. Selain itu, kandungan air dalam madu sangat sedikit yang membuat teksturnya sangat kental.

Kekentalan ini membuat gula tidak dapat terfermentasi dan oksigen pun tidak mudah larut ke dalamnya. Karena itu, mikroba penyebab makanan busuk tidak dapat tumbuh apalagi berkembang biak. Madu juga memiliki rata-rata kadar pH 3.9 yang menandakan bahwa cairan manis ini bersifat asam.

Bakteri penyebab kontaminasi makanan tertentu seperti C. diphtheriae, E.coli, Streptococcus, dan Salmonella, tidak dapat tumbuh di lingkungan yang asam. Sifat asam inilah yang membuat madu bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Madu murni juga memiliki enzim khusus bernama glukosa oksidase yang bekerja menekan pertumbuhan bakteri. Enzim tersebut terkandung secara alami dalam liur lebah yang kemudian dilarutkan ke dalam nektar (sari tanaman) selama masa produksi madu. Saat madu sudah matang, proses kimia yang mengubah gula menjadi asam glukonat akan menghasilkan senyawa yang disebut dengan hidrogen peroksida. Senyawa ini memberikan madu sifat antibakteri dan antimikroba lainnya seperti polifenol dan flavonoid sehingga membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab makanan basi.

Baca Lainnya : Begini Cara Minum Madu untuk Menurunkan Berat Badan

Kualitas madu bisa turun. Madu bisa basi adalah anggapan yang keliru. Karena madu murni tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Meski begitu, kualitas madu bisa menurun dan tidak lagi menyehatkan, bahkan bisa berisiko menimbulkan penyakit. Madu bisa menumbulkan penyakit apabila terkontaminasi oleh mikroba asing selama proses produksi yang tidak higienis.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: