Varietas Apel Baru Ini Diprediksi Akan Kuasai Industri Apel Seluruh Dunia

TrubusLife
Syahroni
22 Okt 2019   17:30 WIB

Komentar
Varietas Apel Baru Ini Diprediksi Akan Kuasai Industri Apel Seluruh Dunia

apel Cosmic Crisp, varietas baru dan yang pertama kali dibiakkan di negara bagian Washington, di sebuah kebun di Wapato, Wash. Cosmic Crisp, tersedia mulai Desember. 1, diharapkan menjadi pengubah permainan dalam industri apel. (AP Photo/Elaine Thompson)

Trubus.id -- Mereka menyebutnya Crisp Kosmik. Ini bukan video game, pahlawan super atau judul lagu Grateful Dead. Yah, nama ini adalah nama dari jenis apel baru yang akan mulai membanjiri pasaran mulai 1 Desember mendatang.

Cosmic Crisp adalah apel pertama yang dikembangbiakan di negara bagian Washington, yang menumbuhkan sebagian besar apel Amerika Serikat. Apel ini diharapkan menjadi pengubah permainan. Para penanam telah menanam 12 juta pohon apel Cosmic Crisp, sebuah tanda kepercayaan pada varietas baru ini. Sementara hanya 450.000 kotak 40 pon (18 kilogram) akan tersedia untuk dijual tahun ini, itu akan melonjak menjadi lebih dari 2 juta kotak pada tahun 2020 dan lebih dari 21 juta pada tahun 2026.

Varietas apel dikembangkan oleh Washington State University. Petani Washington, yang membayar untuk penelitian, akan memiliki hak eksklusif untuk menjualnya selama 10 tahun pertama. Apel itu disebut Cosmic Crisp karena titik-titik kekuningan cerah pada kulitnya, yang terlihat seperti bintang yang jauh.

Baca Lainnya : Hanya Tumbuh di Tibet, Apel Hitam Ini Dijual Mahal 

"Aku belum pernah melihat apel yang lebih cantik di kebun daripada ini," kata Aaron Clark dari Yakima, anggota keluarga pemilik beberapa kebun apel di Washington tengah yang telah menanam 80 hektar Cosmic Crisps seperti dilansir dari AFP.

Variasi baru disimpan untuk waktu yang lama di penyimpanan dan di lemari es, kata Kate Evans, yang menjalankan program pemuliaan di Washington State University. Dan itu adalah "apel yang sangat enak dimakan," katanya. "Sangat renyah, sangat berair, dan memiliki keseimbangan rasa manis dan asam yang baik."

Cosmic Crisps adalah persilangan antara Enterprise yang tahan terhadap penyakit dan varietas Honeycrisp yang renyah dan populer. Honeycrisp, dijuluki "Moneycrisp" oleh beberapa petani, adalah apel terbaru yang memicu gebrakan besar di Amerika Serikat ketika diperkenalkan beberapa dekade yang lalu. Ini dikembangkan oleh University of Minnesota.

"Apel ini (Cosmic Crisp) memiliki peluang bagus untuk menjadi hit dengan banyak orang. Lebih baik begitu, karena kita akan memiliki banyak dari mereka," kata Clark, wakil presiden Price Cold Storage, perusahaan dengan kebun buah dan gudang buah di seluruh Washington pusat. 

Baca Lainnya : 3 Tips Menyimpan Apel agar Lebih Awet

Apel adalah bisnis senilai 2,5 miliar dolar AS per tahun di Washington, yang tumbuh sekitar 60% dari pasokan negara, atau hampir 140 juta kotak. Varietas top adalah Gala (23, Red Delicious (20%) dan Fuji (13%).

Apel ditanam di lembah gersang dan lereng bukit cokelat di Washington pusat, beberapa jam di timur Seattle, dan disiram oleh proyek irigasi. Negara bagian ini memiliki sekitar 1.500 petani apel dan 175.000 hektar kebun. Sekitar 50.000 orang memetik sekitar 12 miliar apel setiap musim gugur. Buah ini diekspor ke 60 negara.

Dengan begitu banyak keberhasilan, mengapa varietas apel baru diperlukan?

"Sebuah apel baru membawa kegembiraan. Variasi baru dapat menghidupkan kembali pasar dan industri," kata Toni Lynn Adams, juru bicara Komisi Apple Washington, yang memasarkan apel internasional.

Para petani Washington, yang telah menyaksikan pangsa pasar untuk apel Red Delicious yang terkadang lembek menurun drastis dari waktu ke waktu, sedang mencari untuk meniru kesuksesan Honeycrisp, kata Adams.

Baca Lainnya : Hindari Konsumsi Apel Segar yang Sudah Masuk Toko, Studi Terbaru Ini Ungkap Alasannya

"Ini akan mengguncang segalanya dengan cara yang hebat, Kami mengharapkan volume meningkat dengan cepat." kata Adams.

Adams tidak bisa berspekulasi tentang berapa harga apel Cosmic Crisp per pon.

"Kualitas yang lebih baik menghasilkan pengembalian yang lebih baik. Ini adalah kesepakatan nirlaba, kawan. Kami berusaha menghasilkan uang dengan itu," kata Clark, petani apel. 

Hebatnya, ini adalah varietas apel pertama yang dikembangkan di negara bagian Washington, yang telah dikenal sebagai sentra penghasil apel selama lebih dari satu abad. Para ilmuwan di Pusat Penelitian Buah Pohon WSU di Wenatchee menghabiskan 20 tahun membiakkan benih pohon apel yang diinginkan. Selain membantu membayar penelitian itu, petani apel memerlukan lisensi untuk membeli pohon dan membayar royalti atas penjualan buah.

Pohon-pohon itu memakan waktu tiga tahun untuk menghasilkan buah, kata Kathryn Grandy, anggota tim pemasaran apel.

Baca Lainnya : Beredar di Pasaran Apel Hasil Rekayasa Genetika, Apa Istimewanya?

"Ini akan menjadi peluncuran terbesar varietas tunggal, secara global," katanya, dan didukung oleh anggaran pemasaran $ 10,5 juta.

Konsumen tidak akan kesulitan menemukan varietas tersebut, kata Grandy, yang bekerja untuk sebuah perusahaan bernama Proprietary Variety Management dan berbasis di kota Chelan, di jantung negara apel.

Pekerjaan pengembangan varietas dimulai pada 1997, kata Evans, dari Washington State University. Proses hibridisasi silang telah digunakan untuk membiakkan tanaman selama ratusan tahun, kata Evans, dan sangat berbeda dari metode modifikasi genetika yang lebih kontroversial.

"Tujuannya, menurut saya, adalah untuk mendapatkan lebih banyak konsumen makan apel. Pada akhirnya itu adalah tujuan dari setiap pemulia tanaman," katanya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: