Antara Jus dan Smoothies, Mana yang Lebih Bernutrisi?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
22 Okt 2019   06:00 WIB

Komentar
Antara Jus dan Smoothies, Mana yang Lebih Bernutrisi?

Nutrisi dalam buah-buahan bermanfaat untuk menjaga kesehatan (gettyimages)

Trubus.id -- Lazimnya, seseorang mengonsumsi jus agar buah yang dikonsumsinya tidak terasa membosankan. Selain diolah menjadi jus, buah juga bisa dijadikan olahan lain, yaitu smoothies. Bedanya, jus biasanya hanya diolah dengan ditambahkan air atau gula sehingga teksturnya menjadi cair. Sedangkan saat membuat smoothies, buah ditambahkan dengan berbagai bahan, seperti yoghurt, susu, atau selai kacang agar teksturnya jadi lebih kental.

Apakah ada Trubus Mania yang juga suka mengonsumsi smoothies saat pagi hari? Jus dan smoothies terbuat dari buah yang bergizi. Namun, di antara kedua minuman ini, mana yang lebih bernutrisi serta baik untuk tubuh, ya?

Laman ScienceDirect menginformasikan, cara serta bahan pembuatan jus dan smoothies berbeda Jus dan smoothies memiliki tekstur yang berbeda, teman-teman, karena cara pembuatan dan bahan yang digunakan juga berbeda. Meskipun terbuat dari buah, biasanya jus hanya dibuat dari buah yang ditambah air dan gula.

Baca Lainnya : Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Setelah selesai diproses, jus biasanya akan disaring agar teksturnya lebih lembut. Jus juga biasanya lebih encer dibandingkan smoothies karena cairan yang digunakan adalah air. Sedangkan untuk membuat smoothies, biasanya buah akan ditambahkan cairan berupa yoghurt, susu, es krim, maupun selai kacang. Nah, karena bahan cair yang digunakan untuk membuat smoothies lebih kental, maka hasil akhir smoothies juga lebih kental daripada jus. Selain itu, smoothies juga tidak disaring setelah selesai diproses sehingga kita mendapatkan semua nutrisi dari buah.

Jadi, antara jus dan smoothies, lebih bernutrisi yang mana? Karena teksturnya yang lebih kental, maka smoothies bisa memberikan efek mengenyangkan yang lebih lama ketika diminum dibandingkan dengan jus. Smoothies banyak dianggap sebagai minuman yang bernutrisi, karena banyak bahan campuran yang ditambahkan.

(foto: shutterstock)

Hal ini membuat smoothies tidak hanya bernutrisi dari buah saja, tapi juga dari bahan tambahan lainnya, seperti susu atau yoghurt. Misalnya saja nutrisi berupa protein, smoothies memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan jus, yaitu berasal dari bahan tambahan seperti susu. Vitamin dan mineral dari smoothies juga jumlahnya lebih banyak dari jus, teman-teman.

Meskipun smoothies memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan jus, bukan berarti jus kurang baik diminum, Trubus Mania. Ada beberapa orang yang membuat jus dengan mencampurkan berbagai buah-buahan. Nah, dengan campuran berbagai buah-buahan ini, kita bisa mendapatkan lebih banyak nutrisi dibandingkan hanya mengonsumsi satu jenis buah.

Baca Lainnya : Kaya Manfaat, Jus Buah Bit Juga Bisa Jadi Obat Impotensi

Selain itu, minum jus juga menjadi cara yang tepat untuk teman-teman yang kurang suka mengonsumsi buah secara utuh. Dengan minum jus, kita jadi lebih mudah mendapatkan asupan nutrisi. Jika dibandingkan dengan smoothies, jus buah juga lebih rendah kalori, lo.

Hal ini disebabkan karena pada pembuatan jus, tidak banyak bahan tambahan tinggi kalori.Kalau ingin mengurangi jumlah kalori dari gula yang digunakan sebagai pemanis, maka gula bisa diganti dengan madu. Kesimpulannya, smoothies dan jus sama-sama bernutrisi dan baik untuk kesehatan, teman-teman. Namun, kita tetap harus memperhatikan batas jus maupun smoothies yang kita konsumsi setiap hari. Selain itu, kita juga harus mengonsumsi makanan lain agar mendapatkan nutrisi yang seimbang.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: