Burung Ternyata Lebih Piawai Mempertahankan Romantisme

TrubusLife
Thomas Aquinus
21 Okt 2019   09:00 WIB

Komentar
Burung Ternyata Lebih Piawai Mempertahankan Romantisme

Ilustrasi pasangan pipit zebra. (Discover Magazine)

Trubus.id -- Katanya, romantisme atau mempertunjukkan kasih sayang hanya ada di saat manusia berpacaran. Karena setelah menikah, romantisme biasanya perlahan hilang. Tetapi sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa beberapa burung dan spesies lain yang kawin seumur hidup tetap lanjut menunjukkan penuh kasih sayang bahkan lama setelah mereka memutuskan untuk tetap bersama.

Ketika jantan terus memamerkan gerakan tarian dan warna-warna cerahnya, betina menjadi lebih tertarik untuk menjaga hubungan dan keturunan mereka. Wow! 

"Banyak peneliti burung dapat menceritakan kisah seperti pengalaman yang pernah saya alami di Inggris. Saya menangkap seekor burung pipit betina, menaruhnya di dalam tas burung dan membawanya kembali ke stasiun penanda.

Sepanjang perjalanan kembali ke stasiun, pasangannya mengikuti panggilannya," kata ahli biologi Universitas Chicago, Trevor Price, penulis senior studi ini, dalam sebuah pernyataan. "Dia menunggu dengan tidak sabar di pohon terdekat ketika aku mengikat betina, dan ketika aku melepaskannya, pasangan itu terbang bersama di dekat, berkicau. Hal semacam ini juga terjadi pada banyak spesies lain, sehingga membentuk ikatan pasangan yang kuat dan keterikatan emosional antara pria dan wanita jelas bukan hanya fitur manusia."

Baca Lainnya : Ilmuan Temukan Spesies Baru Burung Pelatuk Kacamata di Hutan Kalimantan

Sebagai bagian dari ikatan kuat itu, beberapa pejantan terus membuat pasangan mereka tertarik menggunakan pertunjukan kasih sayang yang mewah.

Pipit zebra jantan, misalnya, memiliki paruh merah. Jika paruhnya sangat cerah, itu dapat meningkatkan kadar hormon pasangannya, yang bisa mengakibatkan betina bertelur ekstra. Tampilan mencolok itu baik untuk pejantan, menghasilkan lebih banyak keturunan, meskipun akhirnya menyebabkan pekerjaan ekstra untuk pasangannya, yang merawat bayi-bayi itu.

Ia bisa meningkatkan peluangnya untuk berkembang biak dengan berjalan mondar-mandir di depan banyak betina. Alih-alih, ia terus menjaga belahan jiwanya dengan cara merayu dengan ketampanannya. Para peneliti menunjukkan bahwa beberapa spesies ikan juga melakukan hal yang sama.

Baca Lainnya : Malam yang Hangat Membuat Burung Bertelur Lebih Cepat

Loyalitas ini mungkin sulit dirasionalisasi, tetapi itu relatif umum, kata para peneliti, yang menjelaskan temuan mereka dalam Proceedings National Academy of Sciences.

Jika jantan dari pasangan yang loyal ini tidak pamer, maka mungkin pasangan mereka akan bertelur lebih sedikit, yang tentu tidak baik untuk keduanya.

Well, Trubus Mania, jangan mau kalah sama burung, ya. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Health & Beauty   19 Jan 2020 - 17:35 WIB
Bagikan: