Seberapa Aman Ikan Asap dan Ikan Asin untuk Kesehatan? Ini Jawabannya

TrubusLife
Syahroni
20 Okt 2019   21:00 WIB

Komentar
Seberapa Aman Ikan Asap dan Ikan Asin untuk Kesehatan? Ini Jawabannya

Ilustrasi. (The Spruce Eats)

Trubus.id -- Tahun 2015 silam, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis sebuah studi inovatif tentang risiko kesehatan dari daging olahan, menghancurkan hati para pecinta hot dog di mana-mana. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen, yang secara khusus menargetkan makanan ini setelah studi epidemiologis menunjukkan perkembangan kanker pada manusia yang terpajan. Kanker kolorektal, pankreas, prostat, dan lambung semuanya dikaitkan dengan makan daging olahan.

"Bukti saat ini menunjukkan semakin tinggi asupan daging olahan, semakin tinggi risiko penyakit kronis dan kematian," kata Frank Hu, seorang profesor di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

Jadi kita semua bisa sepakat bahwa kita harus mengurangi salami, bacon, sosis, dan daging deli - tetapi bagaimana dengan ikan asap atau ikan asin? 

Tergantung. Pengasapan adalah salah satu bentuk pengawetan makanan tertua, dan nenek moyang kita sudah lama melakukannya di seluruh dunia. Langkah-langkah utama dalam pengawetan meliputi penggaraman (baik dengan air garam atau garam kering), pengasapan (baik panas atau dingin), pengemasan dan penyimpanan. Pengasapan adalah jalan pintas yang menggabungkan pengasinan, pengeringan, pemanasan, dan pengasapan itu sendiri sekaligus. 

Ikan adalah sumber protein, vitamin B, vitamin D, magnesium dan selenium. Ini juga penuh dengan asam lemak omega-3, yang terkait dengan risiko penyakit jantung dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah, serta manfaat kesehatan lainnya.

Tapi ikan asap juga penuh sodium. Tiga ons salmon segar yang dimasak hanya memiliki 50 miligram, sedangkan porsi ikan asap yang sama mengandung 666 miligram - lebih dari 1/3 dari kebutuhan harian! Terlalu banyak garam dalam makanan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Hal lain yang perlu diingat adalah pengawet nitrat dan nitrit, yang merupakan produk sampingan dari proses pengasapan dan sering ditambahkan untuk mencegah Listeria dan patogen bawaan makanan lainnya, serta menjaga warna daging. Nitrat muncul secara alami di alam - misalnya, bubuk seledri - tetapi begitu mereka memasuki sistem pencernaan kita, mereka berubah menjadi nitrit. Dalam kondisi tertentu dalam tubuh manusia, nitrit dapat berubah menjadi molekul yang menyebabkan kanker. Meskipun umur simpannya lebih pendek, cobalah mencari ikan yang tidak mengandung zat tambahan ini.

Untuk wanita hamil, lanjut usia, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, mungkin yang terbaik adalah menghindari ikan asap-dingin, karena diasapi pada suhu yang tidak cukup panas untuk membunuh bakteri yang berpotensi buruk, juga tidak cukup panas untuk benar-benar memasak ikan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan orang-orang rentan tertentu agar menjauh dari ikan asap-dingin kecuali kalengan, stabil di rak atau dimasak pada suhu internal 165 derajat F (misalnya, dalam pasta atau hidangan casserole).

Intinya, ikan adalah sumber protein yang sangat baik, dan secara keseluruhan lebih sehat daripada daging merah, terutama daging olahan. Jika kamu tidak dapat hidup tanpa salmon asap, pastikan untuk menyimpannya di dalam lemari es yang baik, membelinya dari sumber yang dapat dipercaya, dan mengonsumsinya pada tanggal "use by". Dan jika sering memakannya, pastikan kamu menyeimbangkan semua natrium dengan banyak buah dan sayuran. Moderasi, seperti biasa, adalah kuncinya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: