Penelitian Menunjukkan, Berolahraga Lebih Baik Saat Perut Masih Kosong

TrubusLife
Syahroni
20 Okt 2019   10:00 WIB

Komentar
Penelitian Menunjukkan, Berolahraga Lebih Baik Saat Perut Masih Kosong

Ilustrasi. (Rethink Beautiful)

Trubus.id -- Berolahraga sebelum sarapan lebih baik untuk Anda daripada berolahraga sesudahnya, menurut penelitian baru oleh para ilmuwan di Universitas Glasgow. Dr Jason Gill dan Nor Farah dari Institute of Cardiovascular and Medical Sciences melakukan penelitian untuk membandingkan efek latihan yang dilakukan sebelum dan sesudah sarapan pada penurunan lemak dan kesehatan metabolisme.

Sepuluh pria kelebihan berat badan yang tidak berolahraga secara teratur mengambil bagian dalam penelitian ini. Setiap pria menjalani tiga percobaan, terpisah 1-2 minggu, yang melibatkan tidak berolahraga kemudian makan sarapan; berjalan cepat selama 60 menit sebelum makan sarapan; atau melakukan jalan yang sama setelah makan pagi.

Peserta diberikan makan siang tiga setengah jam setelah sarapan dan jumlah lemak yang dibakar tubuh mereka, dan kadar lemak, gula dan insulin dalam darah diukur selama delapan setengah jam masing-masing pada masing-masing periode. kesempatan.

Selama hari itu tanpa olahraga, para pria dibiarkan dengan rata-rata 49 kkal lemak yang tidak terbakar saat berolahraga setelah sarapan membakar 216 kkal lebih banyak lemak daripada rata-rata percobaan kontrol dan 298 kkal lebih dari kelompok kontrol ketika berolahraga sebelum sarapan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua waktu latihan meningkatkan pembakaran lemak sepanjang hari dan meningkatkan profil metabolisme dalam darah. Tetapi, olahraga sebelum sarapan menghasilkan kehilangan lemak yang lebih besar dan pengurangan kadar lemak dalam darah yang lebih besar.

Dr Gill mengatakan, "Latihan apa pun yang Anda lakukan bermanfaat, tetapi indikasinya adalah bahwa mungkin ada manfaat tambahan yang terkait dengan berolahraga sebelum makan, dibandingkan dengan sesudahnya. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah temuan ini memperpanjang jangka panjang.

"Pada akhirnya, kami ingin mendorong semua orang untuk melakukan beberapa bentuk latihan setiap hari - perbedaan antara berolahraga sebelum dibandingkan dengan setelah sarapan jauh lebih kecil daripada perbedaan antara berolahraga di kedua waktu dibandingkan dengan tidak berolahraga sama sekali."

Makalah penelitian, 'Efek latihan sebelum atau sesudah makan pada keseimbangan lemak dan metabolisme postprandial pada pria kelebihan berat badan' diterbitkan dalam edisi terbaru dari British Journal of Nutrition. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: