Sarapan Meningkatkan Laju Tubuh untuk Membakar Karbohidrat Selama Berolahraga

TrubusLife
Syahroni
20 Okt 2019   06:00 WIB

Komentar
Sarapan Meningkatkan Laju Tubuh untuk Membakar Karbohidrat Selama Berolahraga

Penelitian baru yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology menunjukkan bahwa makan sarapan dapat 'mengunggulkan' tubuh untuk membakar karbohidrat selama berolahraga dan lebih cepat memetabolisme makanan setelah berolahraga. (Javier Gonzalez)

Trubus.id -- Para peneliti dari University of Bath menemukan bahwa makan sarapan sebelum berolahraga dapat menjadikan tubuh lebih prima saat membakar karbohidrat ketika berolahraga, dan lebih cepat mencerna makanan setelahnya.

Para ilmuwan dari Departemen Kesehatan Universitas ini, bekerja dengan rekan-rekan di universitas Birmingham, Newcastle dan Stirling, sedang mempelajari efek makan sarapan versus puasa semalam sebelum bersepeda satu jam. Dalam tes kontrol, sarapan diikuti oleh istirahat selama tiga jam. Para relawan menyantap sarapan bubur yang dibuat dengan susu dua jam sebelum berolahraga.

Pasca latihan atau istirahat, para peneliti menguji kadar glukosa darah dan kadar glikogen otot dari 12 sukarelawan pria sehat yang ambil bagian. Mereka menemukan bahwa makan sarapan meningkatkan laju tubuh membakar karbohidrat selama berolahraga, serta meningkatkan laju makanan yang dicerna tubuh dan dimetabolisasikan setelah berolahraga juga.

"Ini adalah studi pertama yang meneliti cara sarapan sebelum latihan memengaruhi respons kita terhadap makanan setelah berolahraga. Kami menemukan bahwa, dibandingkan dengan melewatkan sarapan, makan sarapan sebelum berolahraga meningkatkan kecepatan kita mencerna, menyerap, dan memetabolisme karbohidrat yang bisa kita makan setelah berolahraga." terang Javier Gonzalez, dosen senior di Departemen Kesehatan yang ikut memimpin penelitian ini.

"Kami juga menemukan bahwa sarapan sebelum olahraga meningkatkan pembakaran karbohidrat selama berolahraga, dan bahwa karbohidrat ini tidak hanya berasal dari sarapan yang baru saja dimakan, tetapi juga dari karbohidrat. disimpan dalam otot kita sebagai glikogen. Peningkatan penggunaan glikogen otot ini dapat menjelaskan mengapa ada lebih cepat pembersihan gula darah setelah 'makan siang' ketika sarapan telah dikonsumsi sebelum berolahraga," tambah Rob Edinburgh, Ph.D. seorang mahasiswa di Departemen Kesehatan yang turut memimpin penelitian ini. 

Ia juga menjelaskan bahwa studi ini menunjukkan jika setidaknya setelah satu kali latihan, makan sarapan sebelum berolahraga dapat 'prima' bagi tubuh kita, siap untuk penyimpanan nutrisi yang cepat ketika kita makan setelah berolahraga.

Studi ini sendiri telah diterbitkan dalam American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism.

Aspek yang menarik dari penelitian ini adalah bahwa hal itu menunjukkan bahwa ekstrapolasi dari penelitian lain yang dilakukan pada orang yang berpuasa, yang umum dalam percobaan metabolisme, mungkin tidak dapat diandalkan, karena diberi makan mengubah metabolisme.

"Sementara berpuasa sebelum uji coba laboratorium adalah umum untuk mengendalikan status metabolisme awal, kondisi ini dapat menghalangi penerapan temuan pada situasi yang paling representatif dari kehidupan sehari-hari, karena kebanyakan orang tidak berpuasa pada siang hari." Dr. Gonzalez menambahkan. 

Rob Edinburgh mengatakan: "Karena penelitian ini hanya menilai tanggapan jangka pendek untuk sarapan dan olahraga, implikasi jangka panjang dari pekerjaan ini tidak jelas, dan kami memiliki studi yang sedang berlangsung untuk melihat apakah makan sarapan sebelum atau sesudah berolahraga secara teratur mempengaruhi pengaruh kesehatan.

"Secara khusus ada kebutuhan yang jelas untuk penelitian lebih lanjut melihat efek dari apa yang kita makan sebelum berolahraga pada hasil kesehatan, tetapi dengan peserta yang kelebihan berat badan yang mungkin berada pada peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Ini adalah beberapa pertanyaan kami sekarang akan mencoba menjawab." tambahnya lagi. [RN]

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: