Dapatkan Manfaat Kesehatan Lebih, Dengan Berolahraga Sebelum Sarapan

TrubusLife
Syahroni
20 Okt 2019   07:00 WIB

Komentar
Dapatkan Manfaat Kesehatan Lebih, Dengan Berolahraga Sebelum Sarapan

Ilustrasi. (Playo)

Trubus.id -- Menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, para ilmuwan kesehatan di Universitas Bath dan Birmingham menemukan bahwa dengan mengubah waktu ketika Anda makan dan berolahraga, orang dapat lebih mengontrol kadar gula darah mereka.

Penelitian enam minggu, yang melibatkan tiga puluh pria yang diklasifikasikan sebagai obesitas atau kelebihan berat badan dan membandingkan hasil dari dua kelompok intervensi (yang makan sarapan sebelum / sesudah latihan) dan kelompok kontrol (yang tidak membuat perubahan gaya hidup), menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga sebelum sarapan dapat membakar dua kali lipat jumlah lemak daripada kelompok yang berolahraga setelah sarapan.

Mereka menemukan bahwa peningkatan penggunaan lemak terutama karena kadar insulin yang lebih rendah selama berolahraga ketika orang berpuasa semalaman, yang berarti bahwa mereka dapat menggunakan lebih banyak lemak dari jaringan lemak mereka dan lemak di dalam otot mereka sebagai bahan bakar. Untuk menguji pembuktian prinsip, studi awal hanya melibatkan pria, tetapi studi di masa depan akan berupaya menerjemahkan temuan ini untuk kelompok yang berbeda termasuk wanita.

Sementara ini tidak menyebabkan perbedaan untuk penurunan berat badan selama enam minggu, itu memang memiliki efek 'mendalam dan positif' pada kesehatan mereka karena tubuh mereka lebih mampu merespon insulin, menjaga kadar gula darah terkendali dan berpotensi menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Berdasarkan bukti yang muncul bahwa waktu makan dalam kaitannya dengan olahraga dapat menggeser seberapa efektif olahraga itu, tim di balik penelitian ini ingin fokus pada dampak pada penyimpanan lemak pada otot untuk individu yang berolahraga sebelum atau setelah makan dan efeknya. ini terjadi pada respon insulin terhadap makanan.

Javier Gonzalez dari Departemen Kesehatan di University of Bath menjelaskan: "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa mengubah waktu ketika Anda makan sehubungan dengan ketika Anda berolahraga dapat membawa perubahan besar dan positif bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

"Kami menemukan bahwa pria dalam penelitian yang berolahraga sebelum sarapan membakar dua kali lipat jumlah lemak daripada kelompok yang berolahraga setelah itu. Yang penting, sementara ini tidak memiliki efek pada penurunan berat badan, itu secara dramatis meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

"Kelompok yang berolahraga sebelum sarapan meningkatkan kemampuan mereka untuk merespon insulin, yang lebih luar biasa mengingat bahwa kedua kelompok latihan kehilangan jumlah berat yang sama dan keduanya mendapatkan jumlah kebugaran yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah waktu makanan pemasukan."

Selama percobaan enam minggu, para ilmuwan menemukan bahwa otot-otot dari kelompok yang berolahraga sebelum sarapan lebih responsif terhadap insulin dibandingkan dengan kelompok yang berolahraga setelah sarapan, terlepas dari sesi pelatihan yang identik dan asupan makanan yang cocok. Otot-otot dari mereka yang berolahraga sebelum sarapan juga menunjukkan peningkatan yang lebih besar pada protein-protein utama, khususnya yang terlibat dalam pengangkutan glukosa dari aliran darah ke otot-otot.

Untuk respons insulin terhadap pemberian makan setelah studi 6 minggu, secara mengejutkan, kelompok yang berolahraga setelah sarapan ternyata tidak lebih baik daripada kelompok kontrol.

Rekan penulis Dr. Gareth Wallis dari University of Birmingham menambahkan: "Karya ini menunjukkan bahwa melakukan olahraga dalam keadaan puasa semalam dapat meningkatkan manfaat kesehatan dari olahraga untuk individu, tanpa mengubah intensitas, durasi, atau persepsi usaha mereka. Kami sekarang perlu mengeksplorasi efek jangka panjang dari jenis latihan ini dan apakah wanita mendapat manfaat dengan cara yang sama seperti pria."

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: