Memiliki Banyak Nutrisi, Tenyata Ini 3 Sayuran Hijau yang Paling Sehat

TrubusLife
Hernawan Nugroho
17 Okt 2019   20:00 WIB

Komentar
Memiliki Banyak Nutrisi, Tenyata Ini 3 Sayuran Hijau yang Paling Sehat

Sayuran adalah makanan yang harus dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan (gettyimages)

Trubus.id -- Kita disarankan untuk rajin makan sayur setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Semua jenis sayuran mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, serta, mineral, dan masih banyak lagi. Bahkan menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sayuran dan buah harus memiliki porsi yang lebih banyak daripada nasi dan lauk.

Pembagiannya adalah setengah piring untuk nasi dan lauk, sedangkan setengah piring untuk sayur dan buah. Kita bisa makan berbagai macam sayur, baik itu yang sudah dimasak menjadi makanan lezat maupun langsung dimakan saat masih menjadi sayuran segar. Namun, dilansir dari Medical News Today, ada tiga jenis sayuran hijau yang terbukti menjadi sayuran paling sehat. Apa saja, ya?

Baca Lainnya : Adakah Perbedaan Memotong dan Merobek Sayuran Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

1. Bayam

Sayuran hijau ini kaya akan zat besi. Bayam juga merupakan sumber kalsium, vitamin, dan antioksidan. Penelitian tentang bayam mengungkapkan bahwa sayuran ini dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Karena hal itu, bayam adalah tambahan yang bagus untuk semua makanan bebas daging atau susu.

Satu cangkir bayam mentah sebagian besar terdiri air dan hanya mengandung tujuh kalori. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C, magnesium, folat, zat besi, kalsium, dan antioksidan. Kebanyakan orang menikmati bayam mentah dalam salad, sandwich, ataupun smoothies. Namun, bayam yang dimasak juga memiliki manfaat kesehatan dan merupakan tambahan yang baik dalam hidangan pasta maupun sup.

2. Kale

Kale adalah sayuran berdaun hijau yang sangat populer karena memiliki segudang manfaat kesehatan. Sayur ini mengandung tujuh kalori per cangkir, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Rutin makan sayur kale atau minum jus kale bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

(foto: cuisine)

Maka itu, kale bermanfaat bagi orang dengan kolestrol tinggi. Sayur ini juga terbukti bisa mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Orang-orang menggunakan baby kale dalam hidangan seperti pasta, salad, dan sandwich. Selain itu, kita juga dapat mencoba kale dalam bentuk kripik maupun jus. Hal ini bermanfaat kesehatan jantung.

Baca Lainnya : Buruk untuk Kesehatan, Hindari Mengonsumsi Mentah 6 Jenis Sayuran Ini

3. Brokoli 

Brokoli adalah sayuran yang sangat menyehatkan dan masih berasal dari keluarga yang sama seperti sawi, kale dan kembang kol. Satu cangkir brokoli cincang dan rebus mengandung 55 kalori, vitamin K, dan vitamin C.  Makan banyak sayur brokoli dapat mengurangi risiko kanker karena brokoli mengandung sulforaphane. Sulforaphane sendiri membantu mengurangi jumlah sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor. Brokoli bisa dipanggang, dikukus, ataupun digoreng. Beberapa orang juga mencampurkannya ke dalam sup ataupun memakannya dengan salad.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: