Sudah Dipenuhi Makanannya, Masihkah Anjing Berpeluang Terkena Malnutrisi?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
17 Okt 2019   19:00 WIB

Komentar
Sudah Dipenuhi Makanannya, Masihkah Anjing Berpeluang Terkena Malnutrisi?

Makanan anjing tidak cukup hanya mengenyangkan, tetapi harus memenuhi kebutuhan nutrisinya (Shutterstock)

Trubus.id -- Ternyata, memberi makan untuk anjing tidak boleh asal mengenyangkan saja, Trubus Mania. Makanan yang diberikan, selain membuat anjing kesayangan kenyang, juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Ini adalah cara paling dasar dalam merawat anjing. Menurut laman WestVet, garis bawahi prinsip bahwa yang mengeyangkan belum tentu memberikan gizi yang seimbang.

Jika tidak, maka anjing di rumah bisa saja terkena malnutrisi. Pertanyaannya, apakah malnutrisi hanya menyerang anjing liar? Tentu tidak, Trubus Mania. Anjing rumahan pun bisa terkena resiko masalah ini. Lalu apa sih penyebab malnutrisi atau gizi buruk pada anjing? Ada beberapa hal yang menyebabkan nutrisi anjing kurang terpenuhi. 

1. Parasit 

Salah satu yang paling sering mengganggu masalah nutrisi adalah cacing pita. Penyerapan nutrisi pada anjing akan terganggu karena masalah satu ini.

Pola pemberian makanan: Jangan dikira, anjing mempunyai gizi buruk ketika badannya terlihat kurus saja. Tapi, pola makan yang berlebihan pun membuat nutrisi tidak seimbang. Sebaliknya, kekurangan makanan (atau sudah diberikan porsi yang cukup, tapi makanan kurang bernutrisi) dapat menurunkan berat badan, rentan terhadap penyakit. Untuk itu, penting memilih makanan anjing terbaik. Anjing kekurangan kalori dan tidak segera ditangani, bisa menimbulkan bahaya bagi anjing itu sendiri.

Baca Lainnya : Peneliti: Makanan Anjing dan Kucing dari Daging Mentah, Sarat Bakteri Berbahaya

2. Masalah kesehatan

Gangguan penyakit tertentu seperti radang usus, dapat menggangu proses penyerapan nutrisi. Karena ini berkaitan dengan penyakit dalam, sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter hewan terdekat.

Apa saja penyakit akibat malnutrisi? Sekilas, mungkin masalah paling terlihat saat anjing terkena malnutrisi adalah postur tubuhnya yang terlalu kurus, atau malah sebaliknya. Tapi di balik itu, ternyata ada banyak penyakit yang berpotensi menyerang anjing ketika nutrisinya kurang terpenuhi.

Seperti penyakit ginjal. Ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan nutrisi, bisa mengganggu kinerja ginjal anjing kesayangan. Termasuk juga ketika anjing kelebihan natrium, kalium, dan fosfor. Selain itu juga bisa terserang gangguan pertumbuhan. Anjing yang menerima terlalu sedikit kalsium selama masa pertumbuhan bisa mengalami pertumbuhan tulang yang kurang normal.

(foto: shutterstock)

Bagaimana Cara Pemulihan Malnutrisi?

Sebelum masuk ke tahap pemulihan, anjing kesayangan harus dicek terlebih dahulu. Bawa ke dokter, agar pemiliknya tau penyebab malnutrisi pada anjing tersebut.

Anjing yang terserang malnutrisi karena parasite biasanya akan diberikan obat cacing untuk mengembalikan fungsi pencernaannya. Cara merawat anjing seharusnya memang mengikuti problem masalah yang sedang dialami anjing itu sendiri, sehingga perawatan yang diberikan pun tepat sasaran. Sekali lagi, langkah pertama adalah bawa anjing ke dokter.

Lalu, bagaimana dengan pemulihannya?

1. Terapkan pola makan yang tepat

Terlalu banyak juga tidak baik untuk anjing, begitu pun sebaliknya, terlalu sedikit porsinya akan membuat anjing rentan terhadap penyakit.  Pilih makanan anjing yang tepat: Tepat di sini berarti sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing. Perlu dicatat, kebutuhan nutrisi mereka berbeda sesuai tahapan usia serta breed atau ras anjing.

Baca Lainnya : Hal-Hal Sederhana Ini Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

2. Buat jadwal olahraga yang rutin

Kenapa ini penting? Karena olahraga yang teratur akan membantu pola diet anjing kesayangan. Jadi, untuk anjing yang kelebihan nutrisi, akan membantu menurunkan kadar lemak yang ada di dalam tubuhnya. Untuk makanan harian, pemiliknya harus benar-benar selektif.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: