Tidur Siang Singkat, Efektifkah Meningkatkan Produktivitas? Simak Penjelasan Medisnya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
17 Okt 2019   11:30 WIB

Komentar
Tidur Siang Singkat, Efektifkah Meningkatkan Produktivitas? Simak Penjelasan Medisnya

Otak perlu istirahat sejenak untuk mengembalikan kesegaran dan performa kerja (gettyimages)

Trubus.id -- Tidur siang singkat saat jam kerja konon bisa meningkatkan produktivitas di kantor. Begini penjelasan medisnya. Tidur siang adalah cara paling tepat untuk mengatasi rasa kantuk saat sedang di kantor. Tidur siang yang dimaksud adalah power nap. Jika dilakukan dengan benar, tidur siang tersebut bisa efektif meningkatkan produktivitas di kantor dibanding minum bergelas-gelas kopi.

Power nap adalah tidur singkat yang hanya berdurasi selama 20-30 menit. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat istirahat makan siang atau di kala senggang di tengah pekerjaan. Terkait tidur siang singkat, HealthNews mengatakan bahwa aktivitas tersebut mampu mendatangkan banyak manfaat apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

Power nap dapat meningkatkan daya ingat, mendongkrak performa kerja, dan memperbaiki suasana hati saat sedang berada di kantor. Kondisi otak pekerja cenderung kekurangan oksigen pada siang hari, sehingga tingkat fokus dan konsentrasi akan menurun, dengan tidur siang, oksigen dalam otak akan kembali terisi. Pada akhirnya, otak bisa kembali fokus.

Baca Lainnya : Kurang Tidur Bisa Merusak DNA dan Gen Tubuh

Terdapat sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa tidur siang memiliki peran yang penting untuk daya ingat. Selain itu, tidur siang juga diketahui bisa mengembalikan keterampilan motorik, persepsi, dan mengingat secara verbal. Tidur siang singkat atau power nap bisa membuat otak menghubungkan dan menyimpan berbagai informasi yang dikumpulkan sebelumnya.

Dari penuturan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tidur siang singkat alias power nap memang mampu mengembalikan fokus dan meningkatkan performa kerja saat di kantor. Lantas, apakah manfaatnya hanya sebatas ini saja?

Tentu saja tidak. Tidur siang singkat juga bisa mendatangkan manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan kewaspadaan

Daripada minum kopi, tidur siang singkat atau power nap merupakan cara yang lebih ampuh dan sehat untuk mengatasi rasa kantuk saat di kantor. Usai bangun dari power nap, Anda bisa merasakan kewaspadaan kembali meningkat. Bahkan, tidur siang singkat juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Lainnya : Makanan Ini Bisa Membuat Tidur Jadi Tidak Nyenyak

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tidur siang singkat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, salah satunya meningkatkan kesehatan jantung. Ada penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang bisa mencegah tekanan darah turun drastis, yang nantinya berhubungan langsung pada kesehatan jantung.

3. Punya ide lebih cemerlang

Orang-orang yang rutin tidur siang, baik itu lama atau singkat seperti power nap, memang bisa lebih kreatif dalam menyalurkan ide-ide baru. Itu karena siklus tidur REM (rapid eye movement) dapat membantu aktivasi bagian otak yang berhubungan dengan imajinasi dan mimpi. Fase REM memang umumnya baru dimulai sekitar menit ke-70 saat tidur. Kendati begitu, tidur siang singkat juga bisa membuat pikiran menjadi lebih relaks, sehingga pekerja akan lebih mudah untuk mengolah pikiran dan menciptakan ide-ide baru.

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: