Peneliti: Makanan Anjing dan Kucing dari Daging Mentah, Sarat Bakteri Berbahaya

16 Okt 2019   22:00 WIB

Peneliti: Makanan Anjing dan Kucing dari Daging Mentah, Sarat Bakteri Berbahaya

Trubus.id -- Makanan berbasis daging mentah yang semakin populer untuk anjing dan kucing mungkin penuh dengan bakteri multi-obat. Para ilmuan melaporkan, makanan ini disebut-sebut dapat menimbulkan risiko serius bagi hewan dan manusia.

Tiga perempat sampel yang dibeli dan diuji di Swiss melebihi batas yang direkomendasikan dari bakteri yang diketahui menyebabkan infeksi gastro-intestinal, dan lebih dari setengahnya memiliki bakteri yang kebal terhadap obat yang dirancang untuk membunuh mereka. Laporan ini sendiri telah dipublikasikan dalam Royal Society Open Science, Rabu (16/10).

"Sangat mengkhawatirkan bahwa kami menemukan bakteri penghasil EBSL di lebih dari 60 persen sampel," kata penulis pertama Magdalena Nuesch-Inderbinen, seorang peneliti di University of Zurich, merujuk pada enzim yang membuat beberapa antibiotik tidak efektif.

"Mereka termasuk beberapa jenis E. coli yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia dan hewan." terangnya lagi.

Penjualan makanan hewan peliharaan mentah - kadang-kadang disebut "makanan mentah yang sesuai secara biologis", atau BARF - telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk anjing. Paleo-like diet dikatakan untuk meningkatkan vitalitas dan kekebalan anjing, bahkan jika ada sedikit penelitian untuk mendukung klaim tersebut.

Memang, asosiasi medis hewan di Amerika Serikat dan Kanada telah menyuarakan keprihatinan tentang makanan hewan peliharaan dari daging mentah, dengan laporan menunjukkan itu menjadi sumber masuknya Salmonella dan yersiniosis menular pada anjing. Dan itu, kata Nuesch-Inderbinen kepada AFP, adalah masalah bagi manusia.

"Diet berbasis daging mentah dapat terkontaminasi dengan bakteri yang resisten terhadap beberapa antibiotik, termasuk yang dikategorikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai sangat penting untuk pengobatan manusia," tulisnya melalui email.

Hati-hati dengan pecinta hewan peliharaan

"Ada bukti yang berkembang bahwa patogen ini menimbulkan risiko penyakit menular bagi manusia tidak hanya selama menangani pakan, tetapi juga melalui kontaminasi permukaan rumah tangga dan melalui kontak dekat dengan anjing dan kotoran mereka."

Diperkirakan ada 140 juta anjing dan kucing di Uni Eropa, dan setidaknya sebanyak di Amerika Utara. Secara umum, resistensi antibiotik telah menjadi krisis kesehatan utama di seluruh dunia.

"Situasi dengan bakteri yang resistan terhadap multi-obat telah berputar di luar kendali dalam beberapa tahun terakhir," kata rekan penulis Roger Stephan, seorang profesor di Institut Keamanan Pangan dan Kebersihan Makanan Universitas Zurich.

Penggunaan antibiotik yang tidak pandang bulu dan kadang-kadang tidak tepat telah memungkinkan serangga yang selamat untuk bermutasi menjadi super yang melebihi pengembangan obat-obatan baru.

Karena penggunaan antibiotik yang berlebihan dalam produksi ternak, hewan yang dipelihara untuk konsumsi telah menjadi reservoir utama untuk resistensi antimikroba.

"Seperti makanan hewan peliharaan konvensional, sebagian besar diet berbasis daging mentah didasarkan pada produk sampingan hewan yang disembelih untuk konsumsi manusia," catat studi tersebut.

Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya makanan hewan peliharaan yang terkontaminasi sebenarnya, para peneliti menguji 51 sampel dari berbagai pemasok di Swiss, dibeli di toko-toko dan di Internet.

"Kami menyarankan semua pemilik anjing dan kucing yang ingin memberi makan hewan peliharaan mereka diet 'BARF' untuk menangani makanan dengan hati-hati dan menjaga standar kebersihan yang ketat," kata Nuesch-Inderbinen.

"Pemilik hewan peliharaan harus mewaspadai risiko bahwa hewan peliharaan mereka mungkin mengandung bakteri yang resistan terhadap beberapa obat dan dapat menyebarkannya." [RN]